WRITER’S BLOCK… GO AWAY!

Pernah gak mendadak buntu ketika menulis? Lagi seru dan asyik menulis tema tertentu. Satu paragraf terlewati. Dua paragraf aman. Tiga paragraf… eh… eh…tiba-tiba BLANK!

Selanjutnya, kita gak ngerti mau nulis apa lagi. Bahkan ketika kita sedang bersiap melanjutkan naskah yang sudah ditulis setengah jalan.

Bingung mau ngapain? Nulis atau gak?

Jangan sedih… Banyak penulis yang mengalami kondisi tersebut, kok! Baik penulis pemula maupun penulis berpengalaman pernah merasakannya. Itulah yang dinamakan writer’s block.

Writers’s block bisa hinggap beberapa jam saja. Namun, ada juga penulis yang bisa ngerasa buntu hingga berhari-hari. Normally, setelah kondisi nge-blank tersebut datang, biasanya akan ada banyak ide yang bermunculan.

Jadi, gimana dong menghilangkan writer’s block? Hmm… gak ada kiat khusus buat mengusir si writer’s block. Soalnya, tiap penulis punya karakter masing-masing gimana ngatasin kesulitan saat mood menulisnya tiarap. Namun, ada beberapa ide agar si writer’s block go away.

<3 Go for a walk
Jalan-jalan bisa ke taman, ke mal, ke tempat keramaian yang bisa bikin mood nulis kamu naik. Jangan lupa bawa notes or HP ya. Siapa tahu di tengah perjalanan, kita nemuin ide unik.

<3 Joget
Eh seriusan. Joget ala-ala dangduters atau dancing kayak penari hip-hop bikin mood membaik, lho. Pokoknya do something to get our blood flowing. Jadi, aliran darah mengalir lancar bikin otak pun tercerahkan. Betul?

<3 Read a book
Punya buku favorit? Atau ada buku yang dijadikan referensi tulisan? Kita bisa baca sekarang. Baca buku atau artikel terkadang bisa bikin ide liar tumbuh di kepala. Coba saja!

<3 Listen to music
Buat secangkir teh atau susu hangat. Setel musik yang sedang hit. Rebahan. Rileks. Feel the sound of music. Biarkan ide-ide tulisan berdatangan.

<3 Buat rutinitas
Banyak penulis terkenal memiliki rutinitas sehari-hari yang sudah terjadwal. Misalnya menulis setiap hari satu cerpen, atau seminggu sekali posting di blog. Hal tersebut bisa bikin semangat nulis.

<3 Ganti suasana
Change our environment bikin mood kita happy. So, menulis pun akan lancar. Misalnya biasa menulis di ruang tamu, gak ada salahnya kalau kita menulis di taman kompleks.

<3 Go to sleep
Saat tubuh tidak memiliki energi yang cukup, biasanya otak gak akan nge-klik. So, tidur adalah pilihan yang tepat agar tubuh kembali fit. Biasanya saya pasti akan tidur kalau sudah stuck. Bangun tidur jadi fresh dan ide pun kembali menghampiri.

Beberapa tips tersebut bisa dilakukan. Semoga si tukang blok tulisan segera pergi. Oh iya, menulis kan untuk bersenang-senang. Jadi, jangan sampai terbebani. So, gak bakal ada cerita writer’s block berhari-hari atau berbulan-bulan.

Kalau kita merasa menulis adalah pekerjaan sulit, yakin deh semuanya gak akan berhasil. Endingnya cuma merasa malas, capek, dan menganggap menulis itu beban.

Jadi, bersenang-senanglah ketika menulis. Menebar manfaat dan kesenangan. ITU HEBAT!

Enjoykanlah!

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply