Waspadai Kleptomania pada Anak

Bila suatu waktu anda mendapatkan anak anda menyimpan suatu barang yang memang bukan miliknya, pasti anda khawatir jangan-jangan anak anda sudah mencuri untuk mendapatkannya. Jangan dulu anda memarahinya karena kemungkinan barang tersebut terbawa oleh anak atau bisa juga anak anda “ meminjam “ barang temannya tanpa ijin temannya karena dia menyukai barang tersebut.

     Ajaklah anak anda berbicara baik-baik dan terangkan bahwa meminjam barang orang lain tanpa ijin adalah sama dengan mencuri dan itu perbuatan yang tidak baik. Nah, bila sering sekali anda mendapati anak anda menyimpan berbagai macam benda yang jelas-jelas anda tidak membelikannya, anda harus mulai memberinya perhatian khusus padanya karena dikhawatirkan anak anda mengidap KLEPTOMANIA. Apa itu?

Kleptomania menurut KBBI  adalah kelainan jiwa berupa keinginan hendak mencuri yang tidak dapat ditahan-tahan sekalipun barang curian itu tidak berharga atau tidak berguna sama sekali. Kleptomania merupakan gangguan kontrol impuls sehingga anda kesulitan untuk menolak godaan ataupun  melakukan tindakan yang berlebihan ataupun berbahaya bagi anda ataupun orang lain.

Kebanyakan penderita kleptomania dewasa, malu dan takut untuk melakukan perawatan kesehatan mental mereka. Oleh karena itu apabila anda mendapatkan anak anda mempunyai gejala seperti itu segeralah melakukan tindakan sedini mungkin untuk penanganan lebih lanjut.

Apa saja gejala kleptomania?

  • Mereka merasa tidak mampu melawan keinginan untuk mencuri barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan
  • Merasa senang ketika mencuri dan merasa lega setelah mengambil barang milik orang lain
  • Setelah mencuri akan timbul perasaan menyesal dan ingin mengembalikannya
  • Timbul lagi dorongan untuk mencuri meskipun sebelumnya pernah merasa menyesal

Bagaimana ciri/ karaktertik penderita Kleptomania ?

  • Biasanya mereka mencuri secara spontan, sama sekali tidak ada unsur ingin balas dendam atau lainnya. Mereka hanya mencuri karena dorongan yang begitu kuat
  • Seringkali mereka mencuri barang yang sama sekali tidak berharga dan sebetulnya mereka mampu untuk membelinya
  • Barang yang sudah dicuri kadang tidak digunakan oleh mereka. Kadang mereka membagikannya kepada temannya atau malahan dikembalikan lagi kepada tempatnya semula

Penyebab Kleptomania

  • Masalah Neurotransmitter di otak

 Sebetulnya penyebab pasti kleptomania belum diketahui pasti. Tetapi beberapa teori banyak yang menunjukkan kemungkinan perubahan di otak yang menjadi penyebab dari kleptomania. Dalam otak manusia ada zat kimia neurotransmitter yaitu serotonin dan dopamin. Serotonin itu berhubungan dengan suasana hati atau emosi seseorang, sedangkan Dopamin bisa menimbulkan perasaan senang. Orang dengan kadar serotonin rendah biasanya memiliki kesulitan dalan menahan diri, mereka mempunyai perilaku impulsif dan mudah terpancing emosinya. Kadar serotonin yang rendah pada penderita Kleptomania diduga menjadi pemicu penderita Kleptomania sehingga dia merasakan ketegangan yang amat sangat ketika mencuri. Setelah mereka berhasil mencuri , ketegangan tersebut berubah menjadi perasaan lega , senang dan sangat puas.Keadaan ini memicu keluarnya zat Dopamin yang bisa menimbulkan rasa nyaman dan senang, Kondisi ini akan terus berulang bila tidak segera di terapi.

  • Pernah mengalami luka di kepala

Luka di kepala diduga juga menjadi penyebab terjadinya kleptomania. Luka tersebut menyebabkan adanya perubahan kinerja otak dan zat-zat yang bekerja di dalamnya

  • Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua

Orang tua yang mempunyai masalah atau orang tua kurang memberi fasilitas yang diinginkan anak, bisa juga menjadi pemicu Kleptomania. Anak melakukan hal ini karena ingin mendapat perhatian dari orang tua. Terlalu sibuk atau jarang memperhatikan keperluan dan keinginan anak bisa juga menjadi pemicunya.

Cara mengatasi Kleptomania pada anak

Meskipun mengatasi kleptomania pada anak itu tidak mudah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua

  • Berkonsultasi dengan ahli kejiwaan

Terapi yang tepat dari ahlinya akan menangani gejala kleptomania sedini mungkin sehingga tidak akan berkelanjutan

  • Berikanlah perhatian dan kasih sayang

Kasih sayang dan perhatian yang besar dari orang tua akan memberikan pengaruh yang besar terhadap penyembuhan Kleptomania. Mungkin saja anak akan dikucilkan setelah diketahui mengidap kleptomania. Saatnya anda sebagai orangtua mendampinginya dan menumbuhkan kembali kepercayaan dirinya disamping melakukan terapi pengobatan.

  • Berikanlah kesibukan pada anak terutama yang berhubungan dengan kegiatan fisik

Alihkanlah perhatian anak pada kegiatan yang menyita energinya seperti berolah berolahraga, outbond, bersepeda dll. Dengan demikian anak anda akan terbiasa melakukan hal yang positif.

      Ingat, sebesar apapun masalah yang dihadapi anak , anda sebagai orangtua berperan penting didalamnya. Kasih sayang dan cinta yang berlimpah pada anak akan menjadi obat yang mujarab bagi permasalahan mereka. Berkomunikasilah dengan penuh cinta terhadap anak. Berikanlah juga pendekatan secara agama agar anak mengerti nilai-nilai moral positif yang akan menjadi landasan hidupnya kelak.  

Tita Dewi Utara

KMO 07/ Sarapankata ke 19

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply