Tips untuk Working Mom

 

Bukan hal yang mudah bagi seorang ibu membagi waktu antara pekerjaan di kantor dan untuk keluarganya. Namun, percaya bahwa kita bisa mengambil jalan tengah, “win-win solution”. Tips kali ini, semoga bermanfaat untuk ibu yang juga pekerja kantoran, based on my experience.

  1. Pastikan anak-anak aman. Kita harus yakinkan bahwa anak-anak sudah dalam keadaan siap. Sudah mandi, makan, dan sudah kita tinggalkan bekal yang cukup. Selain tentunya kita pastikan siapa yang menjaga anak-anak kita selama kita bekerja. Haruslah seorang yang dapat dipercaya. Terutama bila anak masih kecil.
  2. Pastikan juga kondisi anak-anak. Semua sehat, baik-baik saja. Komunikasikan selalu pada anak, bahwa kita pergi untuk keperluan dan pasti akan kembali untuk mereka. Dan bila keadaan anak tidak memungkinkan untuk kita tinggalkan, jangan ragu untuk minta izin tidak bekerja. Misalkan kondisi anak sakit dan butuh perhatian lebih dari kita.
  3. Produktifkan waktu saat bekerja di kantor. Setibanya kita di tempat bekerja, jangan membuang-buang waktu. Kerjakan apa yang menjadi tupoksi kita. Buat “to do list” setiap harinya. Sehingga tugas kita dapat selesai tepat waktu. Minimalkan hal-hal lain yang tidak terlalu penting yang dapat mengurangi fokus kita bekerja.
  4. Pastikan kita selalu pulang dalam keadaan tenang. Apapun masalah di kantor, jangan dibawa pulang ke rumah. Tidak setiap hari kegiatan dapat berjalan lancar, kadang kita bertemu kendala. Tapi apapun itu, urusan kantor letakkan di kantor. Begitu sampai di rumah, kita lepaskan seragam kerja kita, kembali menjadi ibu yang memberikan perhatian penuh kepada anak-anaknya. Dan usahakan untuk tidak membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah.
  5. Produktifkan waktu saat berada di rumah. Fokus kepada tanggungjawab kita sebagai ibu. Tanggalkan gadget, hadirlah secara penuh bersama anak-anak. Nikmati bercanda dan mengobrol bersama anak-anak. Bahkan ketika mereka sudah beranjak dewasa sekalipun. Tanyakan apa kegiatannya hari ini apa saja, sekolahnya bagaimana, dan lainnya. Menjadi ibu pekerja tak menghalangi kepedulian kita pada anak-anak. Karena merekalah tanggung jawab kita yang utama.

Rate this article!
Tips untuk Working Mom,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: