Tips Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah menyusui selama satu jam pertama kehidupan bayi. Begitu pentingnya memberikan ASI eksklusif sehingga sangat baik dimulai sejak awal kelahiran bayi. Apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan IMD?

 

  1. Fasilitas kesehatan yang mendukung. Sangat penting bagi kita untuk mencari fasilitas kesehatan yang pro-ASI dan mendukung pelaksanaan IMD. Sekarang sudah banyak tempat bersalin yang menerapkan IMD.

 

  1. Kesadaran akan besarnya manfaat IMD. Yang dipahami baik petugas kesehatan yang menolong persalinan, maupun bagi ibu yang melahirkan. Sampaikan keinginan ibu untuk memberikan ASI pada bayinya sejak dilahirkan.

 

 

  1. Baik kondisi ibu maupun kondisi bayi saat dilahirkan harus dalam keadaan sehat. Ini juga faktor utama bisa tidaknya dilakukan IMD. Bila kondisi ibu tidak memungkinkan untuk melakukan IMD, maka keselamatan ibu yang utama. Begitu pula bila kondisi tidak memungkinkan untuk bayi segera dirawat gabung, maka tidak bisa dilakukan IMD. Keselamatan ibu dan bayi yang lebih diutamakan. Tapi jangan dijadikan alasan ibu untuk tidak memberikan ASI. Tetap usahakan pemberian ASI. Bisa dengan cara dipompa atau ibu yang sering menjenguk anaknya untuk menyusui di kamar bayi. Sampaikan keinginan ibu kepada petugas kesehatan di sana.

 

  1. Persetujuan ibu dan dukungan dari suami. Mintakan suami untuk menemani di kamar bersalin, dengan persetujuan petugas kesehatan. Sudah dari jauh hari, beri pemahaman pada suami akan pentingnya pemberian ASI eksklusif. Minta dukungannya. Bahkan sekarang, melahirkan secara sesar pun bisa ditemani suami di kamar operasi.

 

 

  1. Operasi sesar pun bisa melakukan IMD. Terpaksa melahirkan secara operasi bukan menjadi halangan ibu untuk memberikan ASI dan melakukan IMD. Bila ibu dianastesi spinal, IMD mungkin dilakukan di ruang operasi. Dengan tetap menjaga kehangatan suhu tubuh bayi. Namun, bila ibu dianastesi umum,maka IMD baru bisa dilakukan setelah ibu sadar. Ketika operasi sudah selesai dilakukan dan bila kondisi memungkinkan, bayi dapat melanjutkan menyusui di ruang pemulihan (recovery room). Sangat disarankan bantuan pihak suami juga untuk memberi dukungan dalam hal ini.
Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply