TIPS AGAR ANAK MUDAH BANGUN PAGI

Sering merasa kesulitan membangunkan anak setiap pagi? Sulit mengajak anak sholat subuh di awal waktu, apalagi mengajak anak laki-laki ikut serta sholat subuh berjamaah di masjid? Rata-rata orangtua mengalaminya, termasuk saya.

Padahal secara fitrah, anak sejak bayi sudah suka bangun pagi. Coba lihat, rata-rata bayi sudah terjaga dari tidurnya sebelum adzan subuh berkumandang. Tapi kita sendiri yang kemudian menyusukannya lagi agar dia kembali tidur, karena kita masih rempong mengurus ini itu, ya kan?

Padahal, dengan membiasakan anak untuk selalu bangun sebelum subuh setiap harinya akan membuat tugas kita dalam mengajarkan kewajiban sholat subuh terasa lebih mudah.

Selain itu, waktu pagi adalah waktu yang berkah dan penuh kebaikan dan dioakan khusus oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Dengan membiasakan anak bangun pagi sejak kecil, insyaaAllah hidup mereka ke depannya akan berlimpah berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu anak untuk dapat lebih mudah bangun pagi.

1.Niatkan untuk membangunkan anak sebelum subuh dengan niat agar anak dapat beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, bukan supaya anak tidak terlambat ke sekolah. Tanamkan hal yang sama kepada anak, bahwa kewajiban menunaikan sholat subuh adalah kewajiban bagi setiap muslim.

2. Pastikan anak tidak tidur terlalu malam. Waktu tidur ideal sekitar jam 21.00, atau maksimal 22.00 jika memang ada keperluan untuk belajar, menghafal Al Quran atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Jangan biarkan anak menunda waktu tidur untuk hal yang kurang bermanfaat seperti menonton tv, bermain gadget, dan sebagainya.

3. Orangtua harus bangun jauh lebih awal dari anak, sehingga punya cukup waktu untuk membangunkan anak dengan sabar dan tidak tergesa-gesa.

4. Buat suasana ‘tidak nyaman’ di kamarnya, dan buat suasana rumah sudah ‘hidup’ minimal 30 menit sebelum waktu sholat subuh, misalnya dengan cara:

– Buka pintu kamar anak, matikan AC atau kipas angin di kamarnya

– Singkapkan selimutnya.

– Nyalakan lampu di kamarnya.

– Usapkan sedikit air di wajahnya (untuk hal ini, sebelumnya buat kesepakatan terlebih dulu dengan anak ya, agar anak tidak kaget diperlakukan demikian).

– Ayah membaca Al Quran di kamar anak.

– Ibu sudah sibuk di dapur dan menyiapkan sarapan.

5. Bangunkan anak dengan lembut, mengingatkannya sebentar lagi adzan subuh akan berkumandang.

6. Tuntun anak untuk melaksanakan adab-adab bangun tidur, seperti mengusap muka dengan tangannya, membaca doa bangun tidur, menuntunnya mencuci muka dan mengambil wudhu.

7. Tetap konsisten dalam membangunkan anak sebelum subuh walaupun di hari libur, karena tujuan utama adalah menggapai berkahnya pagi dan melakukan kewajiban sholat subuh, bukan agar tidak terlambat datang ke sekolah.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita dalam mendidik anak-anak. Barakallahu fikum, aamiin allahumma aamiin.

Rate this article!
author

Author: