Tentang Bayi

Bayi, siapa sih yang tidak gemas melihatnya? Mau itu bayi manusia atau bayi hewan sekalipun semua sangat lucu dan bikin geregetan saat melihat atau menyentuhnya. Bayi merupakan makhluk lemah yang butuh perlindungan dari orang dewasa, terutama ibu nya. Oleh sebab itu banyak pendapat orang tua menyatakan bahwa seorang ibu yang baru melahirkan atau memiliki bayi galaknya melebihi singa. Mungkin karena fisik seorang bayi yang belum bisa berbicara dan melakukan perlawanan dari itu memerlukan perlindungan ekstra.
Berbicara mengenai bayi, tahukah kalau ternyata bayi itu memiliki keunikan yang terkadang kita sebagai orang dewasa tidak menyadarinya. Beberapa di antara nya adalah sebagai berikut:
1. Bayi yang baru lahir menangis
Semua orang tahu kalau setiap bayi yang baru lahir pasti menangis dan kalau tidak menangis tindakan dokter atau bidan adalah dengan menepuk perlahan bagian belakang bayi. Semua itu bukan tanpa alasan, karena ternyata tangisan bayi mampu membantu membuka paru-paru agar dapat menghirup oksigen. Oleh sebab itu jika bayi yang lahir tidak menangis maka tepukan pelan akan membantunya melakukan pernapasan udara. Selain itu, tangisan bayi juga merupakan cara bayi berkomunikasi untuk memberitahukan keadaannya kepada ibu atau orang di sekitarnya.

2. Bentuk kepala bayi
Perlu diketahui bahwa bayi yang lahir dengan bentuk kepala bulat atau sempurna bisa saja berubah. Hal tersebut dikarenakan kepala dan tulang bayi yang masih lembek atau lunak. Perubahan bentuk kepala bayi bisa terjadi akibat arah tidur bayi yang tidak pernah berganti, bantalan bayi yang tidak sesuai serta faktor lainnya. Oleh sebab itu, orang tua pada jaman dulu mengajarkan agar selalu mengubah arah tidur bayi sesering mungkin dan memijat atau menekan lembut kepala bayi yang terlihat miring atau mulai berubah bentuk pada saat mandi dengan tujuan agar bentuknya kembali seperti semula.

3. Pola tidur bayi
Pada masa usia kurang lebih satu hingga dua bulan bayi akan memiliki siklus tidur yang berbeda-beda. Bayi akan lebih sering tidur sehabis mandi pagi hingga sore dan akan mulai terjaga dari magrib hingga tengah malam. Bahkan banyak juga yang tertidur dari subuh hingga malam dan sesekali bangun karena haus atau lapar dan kemudian selepas pukul sepuluh malam bayi akan mulai terjaga hingga pagi, bahkan ada juga yang lebih banyak tidur mau itu di waktu siang ataupun malam. Namun, tidak sedikit juga yang memiliki pola tidur normal tapi jarang di temui. Hal tersebut wajar dikarenakan bayi memang membutuhkan waktu tidur lebih banyak di banding orang dewasa. Selain itu, pola tidur bayi yang tidak teratur merupakan latihan bagi bayi untuk beradaptasi.

4. Ucapan bayi
Pada masa bayi mulai mengeluarkan ocehan-ocehan, mulai dari ocehan yang pendek hingga yang panjang mungkin terdengar menggemaskan bagi kita ya. Nah, pada masa seperti ini biasanya orang tua atau orang yang lebih dewasa suka banget menepatkan kata. Misalnya, si bayi berucap “ayayaya” maka yang mendengar bisa jadi menepatkannya pada kata “ayah” atau “iya”. Padahal kita juga tidak tahu pasti apa yang diucapkannya dan terkadang ocehan si bayi seperti menjadi penghubung antara ucapan-ucapan yang lainnya.

5. Bermain air liur
Biasanya bayi yang suka bermain air liur adalah mereka yang mulai merasa gatal pada gusi atau sudah memiliki banyak ocehan. Hal ini pasti menjadi tambahan tugas bagi si ibu dikarenakan harus berulang kali mengganti pakaian si bayi yang basah dengan yang kering agar tidak masuk angin.
Bicara mengenai air liur bayi, anggapan bahwa jika bayi sering bermain atau mengeluarkan air liurnya ini mengakibatkan rambut si ibu akan mengalami kerontokan yang luar biasa. Entah itu mitos atau fakta. Nyatanya kebanyakan para Ibu beranggapan hal demikian adalah benar.
Itulah beberapa hal unik bayi menurut versi saya pribadi. Kalau ada hal unik lainnya mengenai bayi bisa juga di share, agar yang belum tahu jadi tahu dan yang sudah tahu makin tambah pengetahuannya.

Rate this article!
Tentang Bayi,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: