Teknologi dan Zaman

Tak bisa di pungkiri lagi sekarang ini perkembangan teknologi berpengaruh besar pada kehidupan kita, dari mulai kita bangun tidur sampai tidur lagi berbagai macam teknologi telah kita gunakan. Sejatinya, teknologi itu adalah sesuatu yang bisa membantu dan memudahkan kerja kita dalam keseharian dan teknologi sendiri akan terus berkembang sesuai dengan kecerdasan manusia yang kian maju. Contoh saja, dahulu transportasi sangat langkah butuh waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk melakukan perjalanan dari satu wilayah ke wilayah lain, namun sekarang dengan adanya teknologi semua itu bukan lagi masalah, jarang ratusan kilo bahkan ratusan mil bisa ditempuh dengan hitungan jam saja bahkan ada yang hanya dengan hitungan menit. Komunikasi semisal, dahulu orang-orang menyampaikan pesan dengan menggunakan surat, dan itu juga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke penerima, kemudian berubah menjadi telegram yang waktu penerimaan lebih cepat namun tidak bisa mencakup banyak berita, dan sekarang telepon yang bisa mengantarkan seseorang berkomunikasi satu sama lain walau tidak bertatap muka tetapi bisa saling mendengar dan berbicara, telepon pun berkembang sesuai dengan semakin cerdasnya manusia yaitu handphone yaitu telepon tanpa kabel yang bisa dibawa kemana saja hingga saat ini adanya smartphone yang memungkinkan seseorang bisa langsung bertatap muka dengan orang lain dan berbincang satu sama lain.
Berbicara tentang kecanggihan teknologi yang kian hari kian kita rasakan ini ternyata mempunyai sisi positif dan negatif. Di sisi positif kita di berikan kemudahan dalam berbagai hal seperti contoh di atas tadi, semua bisa dilakukan dengan cepat sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu waktu. Kita tak perlu mengetahui suatu daerah dengan harus datang kesana, cukup mengetik aplikasi lewat smartphone di tangan searching nama tempat yang ingin kita ketahui dan dalam hitungan detik kita bisa melihat dan mengetahui tempat tersebut. Satu cerita tentang perkembangan teknologi aku merasakan sisi positifnya, beberapa tahun yang lalu ketika aku masih bertitle Mahasiswi, aku selalu membawa tas yang isinya buku-buku yang terkadang sampai tak muat untuk dimasukkan lagi hingga aku harus menjinjingnya lagi dengan kantong, dan aku adalah angkoters sejati karena kemana-mana naik angkot, kebayang bukan betapa berat beban di pundak (*dalam arti kata sebenarnya). Ketika aku bandingkan dengan saat ini, di dalam tasku hanya ada buku catatan kecil dan satu laptop, aku tak perlu lagi menahan beban di pundak, buku-buku yang dulu aku harus jinjing, sekarang berubah menjadi file-file ebook di dalam laptop. Ini adalah contoh nyata positif dari perkembangan teknologi.
Ternyata dari banyaknya sisi positif dari kecanggihan teknologi begitu pun dengan sisi negatifnya. Teknologi yang semakin canggih ini membuuat orang-orang semakin hari semakin malas untuk bergerak. Contoh, smartphone canggih yang berada di tangan kita itu bisa menyediakan apa saja yang kita inginkan. Biasanya kita membeli bahan pokok di warung samping rumah, karena ada smartphone canggih belanja online bahan pokok di salah satu toko online, dalam satu hari langsung sampai. Kita tinggal duduk di rumah menunggu kurir datang mengantarkan pesanan kita. Sungguh! padahal warung sembako itu ada di samping rumah,tapi karena dengan online tak harus jalan jauh untuk belanja cukup klik saja, tunggu, langsung ada. Bisa jadi lambat laun warung tak lagi beroperasi secara fisik tetapi secara kasat mata. Ini akan berdampak pada kehidupan sosial bermasyarakat nantinya. Tetangga tak lagi tahu tetangganya, karena tak pernah bertemu muka atau tak pernah saling bersilaturahim karena terlalu asyik dengan kecanggihan teknologi.
Sekarang tinggal kita yang memilih kebijakannya, mau mengikuti sisi positifnya atau mengikuti sisi negatifnya. Semua harus di sikapi dengan bijaksana. Teknologi jangan sampai membuat kita lalai dengan lingkungan, membuat kita autis terhadap lingkungan sekitar, bijaklah dalam berteknologi dengan begitu kita akan merasakan lebih manfaat dari kecanggihan teknologi saat ini.

Rate this article!
Teknologi dan Zaman,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply