SUDAHKAH KITA BERBUAT BAIK HARI INI?

 

 

 

Disetiap harinya kita selalu memenuhi kegiatan yang begitu padat bahkan keseharian kita pun sangat penuh dengan warna, lari kesana kesini, dimarahi sana sini, memenuhi tugas deadline membuat laporan, mengurus rumah, dan pasti masih banyak hal yang kita dapat setiap harinya, bersyukurlah yang sudah diberikan kesibukan berupa keseharian yang menjadi kewajiban untuk dilakukan serta keharusan yang harus terpenuhi. Pastikan kesibukan yang kita jalani tidak serta merta  melupakan kewajiban kita berupa ibadah kepada Allah Karena semua ini titipan Allah, rasa cinta Allah, kebaikan Allah dan Allah akan memenuhi semua kebutuhan yang kita inginkan. Akankah kita mengingat itu? Akankah kita bersyukur dengan adanya titipan ini, akankah kita bisa mengembalikan semua yang diberikan Allah. Terkadang kita terlalu lalai dengan semua faslitas yang sudah Allah berikan sehingga kita lupa bersyukur, lupa untuk berbuat baik disetiap harinya, itulah sifat manusia yaitu lupa. Tidak sedikit diantara kita lupa bahwa kebaikan sekecil apapun itu akan mendapat ganjarannya sehingga kita mendapatkan fasilitas lebih dari Allah, kalaupun tidak fasilitas di dunia pasti akan Allah ganti dengan fasilitas diakhirat. Apakah kita sudah berbuat baik hari ini?

Dalam Q.S Al-Zalzalah :7-8 telah dijelaskan bahwa barang siapa yang mengerjakan kebaikan walaupun sebesar biji zarrah, maka dia akan mendapatkan balasannya. Jadi apakah kita masih ingin melupakan kebaikan disetiap harinya? Coba ingat-ingat kembali sebelum kita beranjak tidur malam, apakah hari ini kita sudah berbuat baik. Hal ini bukan tidak ada tujuannya, adapun tujuannya yaitu:

  1. Agar mengevaluasi diri, apakah hari ini saya sudah berbuat baik
  2. Dalam segi psikologi mengingat kembali apa yang sudah dilakukan seharian penuh bermanfaat bagi kinerja otak, agar ingatan manusia bisa lebih kuat
  3. Membuat kita lebih bersyukur
  4. Memudahkan kita untuk terus berbuat baik, kapan pun dan dimana pun.
  5. Memotivasi diri
  6. Lebih semangat untuk memulai hari esok
  7. Mempunyai plan untuk hari berikutnya.

Kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja ya, kegiatan seperti ini dilakukan setiap hari sebelum kita tidur malam. Hal ini akan efektif untuk membuat keseharian kita bisa lebih bermanfaat bagi orang lain, bukan hanya untuk kita sendiri tetapi karena Allah menitipkan semua fasilitas yang kita miliki bukan semata-mata milik kita akan tetapi milik semua yang di cintai Allah di muka bumi ini, jadi tidak ada alasan untuk tidak berbuat baik setiap harinya. Berbuat baik bisa dimulai dengan:

  1. Membantu rekan kerja
  2. Menebar senyuman
  3. Memberi sebagian rezeki kita untuk yang membutuhkan, dan masih banyak hal yang bisa kalian lakukan setiap harinya.

saya pun terus berusaha melakukan kegiatan seperti ini agar bisa memotivasi diri sendiri agar bisa lebih baik dari hari sebelumnya. Masihkan kita beralasan untuk tidak melakukan kebaikan disetiap harinya? Mulailah dari sekarang, hari ini, dan detik ini.

 

Rate this article!
author

Author: