Subhanallah! Ternyata Ini 3 Manfaat Bangun Malam, No.3 Bikin Lebih Sehat

Subhanallah! Ternyata Ini 3 Manfaat Bangun Malam, No.3 Bikin Lebih Sehat

Bagi sebagian orang, bangun di sepertiga malam ketiga memang bukan perkara yang mudah. Terlebih jika orang tersebut biasa begadang. Namun tahukah Anda bahwa bangun di sepertiga malam ketiga merupakan kebiasaan dan gaya hidup Rasulullah SAW yang punya banyak sekali manfaat.

Kapan waktu bangun malam di sepertiga ketiga itu? Menurut buku Fiqih kelas 2 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) terbitan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Provinsi Jawa Barat tahun 2014, karangan Ust. Ade Miftah, S.Ag.MM dan Baban Fauzi, S.Pd.I, pada halaman 55 dijelaskan bahwa pembagian waktu sepertiga malam terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Sepertiga malam pertama antara pukul 20.00 – 22.00, atau setelah sholat isya.
  2. Sepertiga malam kedua yaitu pukul 22.00 – 01.00.
  3. Sepertiga malam ketiga yaitu antara pukul 01.00 – 04.00, atau menjelang waktu subuh.

Dan dalam banyak riwayat Rasulullah SAW biasa tidur malam selepas sholat isya atau di awal malam dan bangun di sepertiga malam ketiga. Adapun manfaat dari bangun di sepertiga malam ketiga adalah :

  1. Dapat beribadah lebih khusyuk

Malam hari di mana masih banyak orang yang tidur pulas dan Anda bangun malam kemudian melakukan sholat tahajjud atau beribadah kepadaNya, hal ini akan membuat ibadah yang Anda lakukan menjadi lebih khusyuk dan tenang.

  1. Pikiran lebih cemerlang

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa ketika bangun di malam hari dapat membuat pikiran dan otak menjadi lebih cemerlang. Jika kita gunakan untuk bekerja, maka pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat selesai karena ide-ide cemerlang akan lebih mudah keluar dalam keadaan hening. Dan jika digunakan untuk belajar, maka pelajaran yang dipelajari akan lebih mudah ditangkap dan diingat.

  1. Daya tahan tubuh meningkat

Banyak masih menganggap bahwa bangun di malam hari justru akan membuat Anda masuk angin, karena angin malam cenderung lebih kencang dan dingin. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena memang angin malam lebih kencang dan lebih dingin, namun hal itu tidak akan membuat Anda masuk angin.

Sebaliknya daya tahan tubuh Anda akan semakin meningkat dan Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, stroke,  gagal ginjal, dan lain-lain, demikian yang dilansir dalam buku “Ajaibnya Bangun Malam dan Bangun Pagi”, karya H. Muhammad Yusuf bin Abdurrahman.

Demikianlah manfaat bangun malam terutama sepertiga malam ketiga. Dari ketiga manfaat  tersebut, akankah Anda masih tidak ingin melakukannya? Semoga kita semua termasuk orang-orang yang dimudahkan oleh Allah SWT untuk bangun di sepertiga malam ketiga.

author

Author: 

IRT yang punya hobby menulis artikel, seorang kontributor UCNews, pengajar di salah satu MDTA di Kuningan, dan Sarjana Sosial Islam dari salah satu Perguruan Tinggi Islam di Cirebon