STRESS? INI YANG HARUS KAMU LAKUKAN!

Stress?!
Rasa Capek, lelah dan jenuh. Begitulah biasanya yang kita rasakan saat mengalami stress. Entah, itu disebabkan oleh masalah Psikologis ataupun fisik yang tertekan terus menerus.

Disaat seperti inilah, kita seringkali tidak lagi peduli dengan apa yang seharusnya kita lakukan untuk mencari jalan keluar dari rasa yang sedang menekan kita. Sehingga kita cenderung mengalami ketegangan syaraf yanag akan membuat kita mengalami masalah2 fisik dan psikis, seperti sakit kepala, cemas, marah bahkan tak terkendali.

Sehingga saat keadaan ini terjadi kita lebih fokus pada bagaimana cara melampiaskan rasa lelah dan jenuh itu dengan cara yang fatal.

PEMICU STRESS
Banyak sekali faktor yang mampu memicu stress, seperti halnya yang pernah dijelaskan oleh Profesor L. Levi Dari swedia. Bahwa ada beberapa pemicu stress yaitu ;

1. Tekanan yang terjadi karena Konflik tentang “Peran” kita dalam Situasi hidup, seperti Pekerjaan, Pernikahan, hubungan dengan orang tua, dll.
2. Tekanan yang terjadi karena terjadinya perubahan yang tidak diantisipasi dan tiba-tiba terjadi dalam kehidupan kita, seperti ketidakpastian kerja, kecelakaan yang tiba-tiba, dll.
3. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan dengan situasi  dan kondisi hidup yang baru karena perbedaan harapan dan realitas dalam bisnis dan pribadi.

Stress yang tidak memiliki Coping yang baik akan memberi efek negatif pada diri seseorang, dari sisi psikologis maupun psikis.

MENGATASI STRESS
Apapun yang terjadi tetaplah tenang, dan sebaiknya anda lakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Wudhu
Para Ahli Refleksologi meyakini bahwa titik-titik refleksi dipermukaan tubuh manusia yang berhubungan langsung dengan anggota tubuh sebagian besar terdapat pada ujung jari-jari kaki, wajah dan Telinga. Yang mana, Jika bagian-bagian tersebut tersentuh air dan dipijat ringan, akan mampu mengembalikan metabolisme tubuh bagian dalam.

2. Shalat
Didalam tubuh kita tersapat bayak kelenjar yang menghasilkan enzim, hormon dN zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh.
Nah, kelenjar-kelenjar ini akan menghasilkan hormon-hormon tertentu yang dibutuhkannya saat kita melakukan gerakan shalat terutama gerakan sujud dan thuma’ninah.

3. Meditasi
Pada dasarnya, Melakukan shalat bisa menjadi aktifitas pengganti dari Meditasi. Namun,  sebagian orang lebih leluasa berdiam diri dan merileks-kan tubuhnya saat melakukan meditasi.
Dengan melakukan meditasi, kita mampu me-Rileks-kan syaraf-syaraf kita yang tegang terutama di bagian leher dan kepala. Selain itu juga, meditasi mampu memnciptakan efek ‘tenang’ yang mampu membuat kita lebih santai.

4. Menghirup Udara Pagi
Pasti paham kan kenapa Udara pagi bisa menjadi Terapi bagi sebagian orang?, karena Udara Pagi sangat bersih dan terhindar dari polusi. Selain itu, udara pagi lenuh dengan Oksigen yang tidak terkontaminasi. Dengan menghirup banyak oksigen, akan membuat peredarah di pembuluh darah kita semakin lancar sehingga dspat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah

5. Menulislah !
Kenapa harus menulis?
Dengan menulis kita bisa ungkapkan apa yang sedang kita rasakan, tanpa harus merasa terintimidasi dan takut dengan apa yang kita utarakan. Tanpa harus merasa menyinggung orang lain ataupun membuat diri kira tersudut.
Dengan menulis kita mampu bebas dari tekanan yang tidak bisa kita ungkapkan.

Demikian beberapa hal yang bisa membantu kita mengatasi stress. Semoga tulisan ini bermanfaat ya !

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply