Stop Teriak, Bu

Seorang Ibu pasti memiliki banyak pekerjaan. Ibarat gerai makanan cepat saji, Ibu dituntut untuk siap sedia selama 24 jam.

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan Ibu kelelahan. Dan saat lelah, amarah pun lebih cepat menghampiri. Sehingga saat kebetulan anak berbuat salah, Ibu bisa mengomel tiada akhir atau meneriaki anak.

Manusiawi memang jika Ibu memiliki amarah. Namun bukan tidak mungkin untuk mengontrolnya.

Ada beberapa hal yang bisa membantu Ibu untuk mengontrol amarah dan menahan teriakan.

1. Memberikan waktu agar otak bisa berpikir.
Cara paling umum adalah ketika anak memancing emosi, tariklah nafas dalam-dalam. Berhitung sampai 10 lalu hembuskan nafas perlahan. Ulangi beberapa kali. Cara ini, memberikan otak waktu untuk berpikir sehingga dapat menahan teriakan keluar.

2. Berwudhu.
Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya marah itu dari setan dan setan terbuat dari api. Dan api itu hanya bisa dipadamkan oleh air. Oleh karena itu, jika seorang di antara kamu marah maka berwudhulah. ” (Riwayat Abu Daud).

Usapan air pada kulit akan meredakan amarah dan menghentikan teriakan ke anak.

3. Minum air putih.
Minum juga dapat menghentikan teriakan ke anak. Selain itu, minum juga memberikan waktu agar Ibu berpikir apakah marah atau teriak adalah reaksi yang tepat dalam menghadapi anak.

4. Ingatlah bahwa anak butuh kasih sayang.
Sebenarnya mungkin anak tidak bermaksud membuat Ibu anak. Rumah yang berantakan dengan kertas, bisa jadi karena anak ingin memberikan kejutan untuk Ibu. Air yang tumpah, bisa jadi karena anak ingin membawakan air minum untuk Ibu.

Teriakan dan marah, dapat menyebabkan anak kaget dan kemudian membuatnya menghentikan kegiatan itu. Namun, juga dapat menimbulkan rasa sedih dan trauma dalam diri anak.

Ketika godaan untuk berteriak datang, ingatlah bahwa anak sedang butuh pengarahan.

Semoga bulan Ramadhan ini, dapat menjadi ladang pahala dan tempat Ibu berlatih mengontrol amarah serta meniadakan teriakan ke anak. Allahuma Aamiin

(Ayas Ayuningtias)
#SahurKata #KMO19

Rate this article!
Stop Teriak, Bu,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply