STOP ATASI RASA TAKUTMU

STOP ATASI RASA TAKUTMU

BISMILLAH…

Kehidupan memang sangatlah unik tidak bisa ditebak apa yang akan terjadi kedepan, masih bersifat rahasia. Kemungkinan bila kita bisa menebak apa yang akan terjadi didepan, maka kita tidak perlu takut,cemas dan was-was dalam menjalaninya. Seperti bila kita akan mengalami hal menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Hal-hal yang terkadang kita takuti malah kebanyakan terjadi, apalagi kalau kita pernah mengalami trauma yang hampir merenggut nyawa kita. Pastilah akan mempunyai rasa takut yang berlebihan,menapaki hidup dengan kecemasan dan ketidakpastian. Akankah bisa terus menjalani hidup ini dengan keteguhan hati atau dengan hati yang rapuh. Biasanya orang yang memiliki dasar sifat takut ini karena awal dari dirinya sendiri kurang percaya diri, suka mikir, gampang baper dan kurang yakin pada diri sendiri. Dan ketika menghadapi trauma yang berat maka akan semakin komplit sifat ketakutan ini diimbangi dasar awal sifat negatif yang dimiliki. Bila ketakutan ini tidak bisa dinetralkan atau dikendalikan oleh dirinya sendiri akan menjadi mental block yang tidak kita sadari. Sehingga dalam menjalani hari-haripun seperti masih terbawa dalam masa lalu.

Sebenarnya ketakutan itu berasal dari pikiran kita sendiri, sesuatu yang belum dan memang pasti terjadi. Tapi kita sudah ketakutan dahulu sebelum melangkah,kita dipermainkan oleh pikiran kita sendiri. Karena itu hanyalah bayangan atau ilusi belaka, pikiran bila dibiarkan dan tidak terkontrol oleh diri sendiri akan mengembara kemana saja. Pikiran ibarat monyet yang bergelantungan kesana kemari tak tentu arahnya,oleh karena itu sangatlah penting kita memahami pikiran kita sendiri. Karena semua rasa ketakutan,kecemasan,dan was-was adalah bersumber dari pikiran. Kita lebih banyak mengenal orang lain daripada mengenal diri kita sendiri,lebih banyak memahami orang lain ketimbang memahami diri sendiri dahulu. Maksud  saya disini mengenal dan memahami apa yang kita pikirkan,salah satu contoh kita sudah jadi budak pikiran adalah ketidakmampuan diri untuk mengenal dan memahami pikiran itu sendiri. Berbeda dengan bila kita menjadi tuan atas pikiran kita maksudnya kita bisa mengawasi dan memahami setiap pikiran yang masuk.Karena sumber malapetaka dari pikiran dan sumber ketenangan adalah dari memahami pikiran kita sendiri.

Semua jenis penyakit dan ketidaktenangan diri bersumber dari “Pikiran” ,cobalah sejenak mempunyai waktu buat diri kita sendiri,untuk masuk dalam diri kita sendiri belajar mengenal dan memahami diri kita sendiri. Sampai kapanpun bila kita belum bisa mengendalikan pikiran kita,hidup takkan bisa tenang. Ada beberapa hal yang harus kita pahami supaya kita bisa mengendalikan pikiran kita:

  • Fokus apa yang kita kerjakan saat ini

Ketika dalam mengerjakan sesuatu itu terkadang pikiran berkelana                   sendiri, segera tarik dan pahamkan diri kita sedang mengerjakan                       sesuatu sekarang ini.

  • Dengan sering latihan relaksasi diri

Ini sangat perlu karena untuk menetralkan diri dan bisa mengatur                    kesimbangan napas kita.

Itulah biasa yang saya lakukan sehari-hari untuk mulai mengenal pikiran saya sendiri,ketika sudah terbiasa fokus kita akan terbiasa mengamati saja dan kita pilih mana pikiran yang baik dipikirkan dan tidak. Karena pikiran yang baik akan semakin membuat kita positif dan pikiran yang tidak perlu dipikir bisa berakibat negatif pada diri kita. Itulah harus betul-betul timbul penyadaran diri bahwa kita memilih bahagia,ketika timbul penyadaran diri maka penerimaan diri akan terbentuk. Semakin diasah setiap hari maka kita akan lebih bisa menerima diri kita sendiri dan lebih mempunyai keyakinan diri bahwa kita mampu. “Selamat mencoba!

Writter

Teratai

Rate this article!
STOP ATASI RASA TAKUTMU,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: