Si Putih yang Menyehatkan

Banyak orang beranggapan bahwa sahur itu haruslah mengkonsumsi berupa makanan, bila hanya berupa minuman maka itu belumlah disebut sahur.

Lantas bagaimana bagi mereka yang sering mengalami kesulitan makan di jam yang tidak biasanya atau bagaimana bagi mereka yang apabila sahur berupa makanan justru membuatnya cepat merasa lapar?

Padahal sahur itu pahalanya luar biasa besar, berarti selama ini orang-orang yang sahur hanya dengan meminum air tidak mendapat pahala sahur?

Ups..tunggu dulu ternyata tidaklah demikian, berdasarkan HR Ahmad dan Al-Mundzir :

“Semua sahur adalah barakah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun diantara kalian hanya meneguk air. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang melakukan sahur.”

Alhamdulillah..ternyata minum air pun sudah termasuk melakukan sahur asal air yang dikonsumsi memiliki ciri sebagai berikut yaa :

  1. Tidak berbau
  2. Tidak berasa
  3. Tidak berwarna, dan
  4. Mengandung mineral

Kalo melihat cirinya seperti ini, berarti air yang dimaksud adalah air putih?. Betul sekali, air putih adalah air yang paling bagus untuk tubuh manusia karena tubuh manusia 55% – 78% terdiri dari air. Tubuh manusia dapat bertahan beberapa minggu tanpa makanan, namun bila tanpa air tubuh manusia hanya mampu bertahan beberapa hari saja. Air putih diperlukan untuk pembentukan darah, cairan pencernaan, urin dan keringat.

Berhubung tubuh tidak mampu menyimpan air terlalu lama maka selama berpuasa kita sebaiknya menerapkan pola konsumsi air putih dengan metode 242 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah sholat Isya’ sampai malam hari dan 2 gelas disaat sahur seperti yang disampaikan dr. Pradono Handojo, MHA pada diskusi asupan nutrisi yang tepat saat berpuasa. Saat sahur memang sebaiknya cukup 2 gelas saja karena apabila terlalu banyak konsumsi air akan menyebabkan pengenceran darah dan membuat kondisi hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari kondisi normal) begitu menurut penjelasan Stacy Sims, Ph.D, seorang peneliti hidrasi di Stanford University.

 

Adapun keuntungan mengkonsumsi air putih diantaranya untuk :

  1. Proses detoksifikasi dan menghilangkan toksin

Setiap hari tubuh manusia membutuhkan asupan air segar guna pengeluaran melalui paru-paru, kulit, urin dan feces (kotoran) sebanyak 2 liter.

  1. Membantu proses penurunan berat badan.

Air putih memiliki kemampuan untuk menghilangkan lemak jenuh.

  1. Membersihkan usus dari zat-zzat yang tidak baik.
  2. Mencegah sakit kepala, seringkali sakit kepala terjadi karena dehidrasi.
  3. Mempercepat metabolisme

Meminum air hangat membantu membantu mempercepat metabolisme sebesar 24%.

  1. Memproduksi sel darah merah

Air putih mampu menstimulasi sel darah merah lebih cepat.

Akhir kata saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan jagalah konsumsi air putihnya agar senantiasa sehat.

#SahurKata

#KMO01

Rate this article!
Si Putih yang Menyehatkan,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply