SERBUK KOPI SIAP SEDUH

SERBUK KOPI SIAP SEDUH
Kopi? Ya, minym kopi selagi hangat memang paling nikamat. Bagi pegemar kopi, pasti secangkir kopi hangat atau segelas es kopi tidak akan pernah terlewat tiap harinya. Apakah Anda salah satu pecinta kopi? Minuman yang dicari saat ngantuk melanda adalah kopi, ya kopi memang punya banyak manfaat antara lain mencegah depresi, menajamkan memori, dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga minum satu cangkir kopi setiap hari sangat dianjurkan untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh.
Meskipun tampilan kopi tadinya hanya berbentuk biji kopi yang diolah menjadi kopi hitam yang rasanya pahit, berikut ada beberapa farian olahan kopi yang bisa dinikmati sesuai keinginan. Buat yang masih bingung dengan jenis-jenis minuman kopi yang ada, kali ini akan dibahas macam-macam olahan kopi yang sudah diolah menjadi minuman yang nikmat dan bisa membuat penikmatnya ketagihan.
Macam-macam kopi. Terdapat dua jenis yang paling populer, yaitu biji kopi arabika dan robusta. Kopi arabika, dinamai arabika karna memang di temukan pertama kali di Ethiopia dan menyebar di Mesir hingga ke Arab. Selanjutnya kopi robusta, yang biasanya ditanam diiklim tropis seperti Kolombia dan Indonesia. Selain biji kopi yang berbeda, cara penyajianpun juga beragam, berikut beberapa macam-macam kopi dari penyajiannya adalah sajian kopi klasik, kopi latte, cappuccino, espresso, mocha, dan khusus Indonesia adalah kopi susu. Dalam istilah International kopi klasik dikenal dengan istilah Americano atau black coffee. Kopi klasik ini merupakan campuran murni dari bubuk kopi dan air panas. Ada juga yang disajikan dengan mencampurkan bubuk kopi dengan susu panas yang disebut dengan kopi latte, di Inndonesia dikenal demgan sebutan kopi susu. Namun kopi latte memiliki kadar susu yang lebih tinggi.
Ada beberapa farian kopi di luar negeri, namun di negara kita Indonesia disamakan menjadi satu farian yaitu kopi susu. Berikut beberapa kopi susu yang ada di luar negeri
Cappucino merupakan campuran espresso, susu, dan busa susu. Komposisi untuk menciptakan secangkir cappucino yang nikmat adalah kombinasi ⅓ espresso berkualitas baik dan ⅓ susu panas dengan ⅓ busa susu yang ditambahkan di atasnya. Tekstur dan temperatur susu inilah yang dapat membuat cappucino menjadi terasa lebih manis dan halus. Kopi cappucino ini berawal dari Italia.
Moka adalah campuran espresso, susu, dan cokelat. Yang unik dari minuman ini adalah tambahan cokelat sehingga aroma kopi menjadi berbaur dengan aroma cokelat yang nikmat. Jenis cokelat yang ditambahkan pada kopi bermacam-macam mulai dari bubuk kokoa manis hingga sirup cokelat. Ragam cokelat seperti cokelat hitam dan susu cokelat bisa kamu kombinasikan ke dalam minuman kopi ini untuk menghasilkan secangkir kopi moka yang nikmat. Karena komposisi cokelat di dalamnya, terkadang moka disebut juga sebagai cokelat panas yang ditambahkan sedikit espresso. Penyajiannya pun bervariasi, kamu bisa menambahkan susu atau whipped cream dan taburan marshmallow, bubuk kayu manis, dan bubuk cokelat di atasnya.
Kopi espresso. Seebenarnya kopi espresso lebih populer di Eropa daripada di Amerika. Kopi ini merupakan kopi hitam pekat dengan aroma yang sangat kuat. Kopi espresso dihasilkan dari ekstraksi biji kopi yang sudah digiling. Secangkir espresso bisa kamu nikmati dengan menekan bubuk kopi di dalam “portafilter” yang kemudian menghasilkan air kopi yang hitam dan pekat. Itulah kenapa espresso seringkali disebut “shot” karena kopi ini berasal dari proses menekan kopi giling. Penyajiannya murni hanya seduhan kopi giling dan air mendidih tanpa tambahan pemanis, susu, maupun krimer.

Rate this article!
SERBUK KOPI SIAP SEDUH,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: