Sepotong Kisah tentang Etika (4)

KATA-KATAMU ADALAH NASIBMU
Tadi pagi saat membuka BBM seperti biasa kusempatkan diri mengecek Recent Update untuk melihat status dan kabar dari semua kontak BBM-ku.
“B*****t..!! A****g…!!! Dasar si*lan!! M*ti lu!” Astaghfirullah… tak sengaja aku membaca sebuah status di BBM. Sebaris kata-kata umpatan yang kasar itu tiba-tiba mengganggu pandangan mataku dan  terasa mengotori beranda umpan di BBM-ku ini.
“Haduuhh.., siapa sih ini??” Aku sampai penasaran terhadap pemilik kontak BBM ini. Kalau kuperhatikan dari foto yang dipasang di  DP-nya, pemiliknya seorang gadis remaja… Tapi kok ngomongnya subhanallah… Aku menggeleng-gelengkan kepala karena saking ‘takjubnya’.
Rasanya aku tidak mengenal gadis yg di DP itu… Tapi kok bisa menjadi kontak BBM-ku ya?? Apa ada salah seorang temanku yang sudah menjual BBM-nya atau memberikan ke gadis ini?
Sebetulnya jika dilihat dari wajah pada foto selfie yang sering dipajang di DP-nya itu.., hmm… cantik dan modis juga sih gadis ini.. Cuma sayang yaa, kok kata-katanya itu lhoo… Nggak sesuai dengan kecantikan fisiknya. Kayaknya gadis itu sering banget galau kalau kubaca dari status di PM yang sebelum-sebelumnya.
Ckckck… anak remaja jaman sekarang kok begini ya??  Rata-rata ya kebanyakan seperti gadis di kontak BBM-ku tadi. Kalau sedang galau sukanya curhat melow  di media sosial.
Kalau lagi kesal, segala macam nama binatang dan kata-kata umpatan keluar dari mulutnya atau tulisannya. Bahkan ketika sedang bercandapun kata-katanya tidak terkontrol. Kalau diingatkan, malah bilang… ah, itu mah sudah biasa.. namanya juga pergaulan anak muda…
Padahal jangan salah….kata-kata yang keluar baik dari mulut atau tulisan kita di media sosial itu bisa berbalik ke diri kita sendiri dan bahkan bisa menjadi doa yang akan mempengaruhi nasib dan perjalanan hidup kita.. Ngeri juga kan?
Bayangkan saja… ketika kita mengumpat dengan nama-nama binatang.. Lalu perilaku kita jadi menyerupai binatang yang kita umpatkan itu bagaimana coba?? Ada juga yang dengan enaknya mengucapkan atau menulis kata-kata yang jorok seperti “t*i” Apakah kita rela bila disebut dengan sesuatu benda yang kotor dan menjjikkan itu?
Atau ketika kita marah-marah atau bahkan ketika sedang bercanda sambil mengucap kata, “M*ti lu!!” Si*lan!” Kalau kata-kata itu tiba-tiba berbalik ke diri kita dan langsung dikabulkan oleh Allah Swt. gimana coba?? Na’udzu billahi min dzalik…
Pasti kita kan nggak mau mati konyol akibat kata-kata yang telah kita ucapkan sendiri kan? Kita pasti juga nggak mau kan kalau sepanjang hidup dipenuhi dengan kesialan demi kesialan hanya karena gara-gara kata-kata/candaan yang kita ucapkan?
Karena sudah banyak bukti, bahwa ternyata perjalanan hidup dan nasib seseorang itu bisa jadi terbawa/terpengaruh dari kata-kata yang pernah diucapkan atau dituliskannya sendiri.
Seperti contoh… kita sering mendengar ada beberapa artis di dunia hiburan yang meninggal di usia muda. Padahal seharusnya mereka awet muda karena sering bercanda dan menghibur orang. Tapi kenapa yang terjadi sebaliknya?
Memang takdir hidup dan mati kita ada di tangan Allah Swt. Tapi tetap saja harus selalu evaluasi diri. Coba perhatikan bagaimana kata-kata candaan yang sering diucapkan para artis dunia hiburan itu? Yang sering mereka ucapkan adalah kata-kata: “M*ti gua”, “M*mpus lu”, dan yang semacamnya.
Nah, selain faktor pola hidup yang tidak teratur dan bisa mengganggu kesehatan mereka, bisa jadi apa yang sudah diucapkan tadi ikut menjadi penyebab terjadinya hal tersebut… Wallahu a’lam..
Begitu juga sering kita saksikan ada beberapa anak yang suka mengeluarkan kata-kata, “Si*lan..” atau “Dasar b*go”
Padahal mereka tergolong anak yang cerdas dan berfisik bagus.
Tapi ya begitulah… Gara-gara kata-kata kasar yang sering diucapkan atau dituliskan itu tadi… akibatnya dalam kesehariannya mereka sering mengalami kesialan, masalah dalam pelajaran di sekolahnya, dan lain-lain.
Nah… , maka mulai sekarang  yuk.. hentikan menggunakan kata-kata kasar dan umpatan itu. Bukannya mau sok alim atau sok sopan yaa… Tapi demi keselamatan dan kesuksesan hidup kita sendiri…
Apalagi kalau yang dalam perjalanan hidupnya sering mengalami masalah-masalah.. cobalah mulai sekarang ucapkan dan tuliskan kata-kata yang baik… Hindarkan kata-kata/ kalimat yang buruk dan kasar tadi.
Lalu tunggu dengan sabar dan rasakan… Insya Allah.. tidak lama lagi masalah anda akan berubah menjadi anugerah… Tentunya harus diikuti dengan ibadah dan akhlak yang baik dan benar juga yaa.. 🙂 aamiin…
(Contoh Etika dalam Berbicara dan Etika di Media Sosial)
[Sumber: https://irmafang11dotwordpressdotcom/2016/02/27/kata-katamu-adalah-nasibmu/]
image

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply