Sepotong Kisah tentang Etika (3)

PELAJARAN BERHARGA DI BALIK SEBUAH TOILET

 

Di setiap tempat, di manapun kita berada, kita pasti akan bertemu dengan orang-orang baik yang bisa kita jadikan contoh..

Seperti ketika kami berkunjung di Hong Kong Disney Land, tepatnya di wahana Western Country..
Wahana itu adalah wahana yang terakhir kami kunjungi. Saat itu hari juga sudah semakin malam… Udara di kota Hong Kong yang sudah dingin, terasa  menjadi semakin dingin…
Sebelum kami pulang, kami mampir sebentar ke toilet yang ada di sana.. Masih ada beberapa orang yang mampir di toilet tersebut. Kulihat toilet di sini termasuk yang paling bersih dibandingkan beberapa toilet lain yang ada di Hong Kong Disneyland.
Ketika itu kami melihat ada seorang wanita petugas cleaning service yang ramah, tersenyum dan menyapa kami..  Fisiknya agak cacat sehingga tingginya tidak lebih dari tinggi badan rata-rata anak SD..
Namanya Miyaki, berasal dari negara Jepang.. Ia mengajak berkomunikasi dengan kami dalam bahasa Inggris.. Dan ia bisa langsung menebak kalau kami berasal dari negara Indonesia.. Malahan ia juga bisa mengucapkan beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia.. 🙂
Lalu ia bolak balik keluar masuk ruangannya untuk mengambil air panas di gelas. Gelasnya kemudian diberikan kepada kami untuk menghangatkan tangan kami..
Ia juga memberi kami sebungkus kain yang berisi semacam obat herbal yang kalau ditempelkan di kulit bisa membantu menghangatkan badan..
Sebagai tanda terima kasih, sebelum kami pulang kami bermaksud memberikan beberapa dollar HK kepadanya..  Tapi dengan halus ia berulangkali menolak sambil mengatakan bahwa ini sudah menjadi tugasnya..
Ketulusan hati, keramahan dan pelayanannya baiknya bisa kita jadikan  contoh bagaimana seharusnya dalam menyambut tamu…
Begitu juga rasa tanggung jawabnya yang besar dalam tugasnya menjaga kebersihan toilet sehingga menjadi toilet yang paling  bersih disana patut diacungi jempol.
Bila karakter baik telah melekat, apapun keadaannya bukanlah menjadi suatu penghalang baginya.
image
(Contoh Etika dalam Bekerja serta Etika dalam Bertamu dan Menerima Tamu)
[Sumber: https://irmafang11dotwordpressdotcom/2016/03/29/pelajaran-berharga-di-balik-sebuah-toilet/]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply