SEKOLAH RAMAH ANAK

 

Sekolah ramah anak adalah Program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Walau istilah ini sebenarnya sudah lama, tetapi kembali popular saat ini.

Sekolah Ramah Anak  adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi

Sekolah ramah anak merupakan upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak selama kurang lebih 8 jam berada di sekolah. Melalui upaya sekolah menjadikan sekolah bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman.

Dalam pengembangan sekolah ramah anak, ada tiga faktor pendukung yang paling mempengaruhi yaitu keluarga yang berperan sebagai pusat  pendidikan utama pertama bagi anak serta sebagai fungsi proteksi ekonomi  yang memberikan ruang kebebasan untuk berekspresi dan berkreasi. Kedua adalah sekolah. Sekolah memberikan pelayanan pendidikan yang layak bagi anak. Sekolah sebagai motivator, fasilitator, sekaligus sahabat yang baik bagi anak. Ketiga adalah masyarakat. Masyarakat sebagai komunitas  dan tempat pendidikan selain sekolah dan keluarga. Masyarakat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak sekolah sebagai penerima output sekolah. Ketiga faktor di atas saling mendukung untuk mewujudkan sekolah ramah anak.

Tujuan adanya sekolah ramah anak ini adalah: mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya, mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat, mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam, mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza, menciptakan hubungan antar warga sekolah yang baik, akrab dan berkualitas, memudahkan pemantauan kondisi anak selama berada di lingkungan sekolah, memudahkan mencapai tujuan pendidikan, menciptakan lingkungan yang hijau dan tertata, anak merasa betah berada di lingkungan sekolah dan yang terakhir anak terbiasa dengan pembiasaan- pembiasaan yang positif.

Dari penjabaran tujuan tersebut jelaslah bahwa sekolah ramah anak adalah sebuah program yang betul-betul sangat berguna dan dibutuhkan oleh anak-anak di zaman sekarang ini.

Agar tujuan dari sekolah ramah anak dapat terealisasi maka perlu diperhatikan aspek penyelenggaraannya. Pertama  program sekolah yang sesuai yang mendukung tercapaiannya tujuan dari sekolah ramah anak. Program yang memihak kepada anak yang sesuai dengan batas umur pertumbuhan dan perkembangan sesuai jenjang sekolah. Kedua  lingkungan sekolah yang mendukung. Lingkungan sekolah harus kondusif untuk mendukung tumbuh kembang anak dan mengembangkan potensi kecerdasan yang mereka miliki. Sekolah menjadi tempat anak meluapkan ekspresi dan kegembiraan.  Ketiga adalah sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana sekolah aman tidak menimbulkan bahaya baik perorangan maupun kelompok, bebas dari asap rokok, kantin sehat dan lain sebagainya.  Ketiga aspek ini sangat mendukung terwujudnya tujuan dari sekolah ramah anak.

Dengan terwujudnya tujuan sekolah ramah anak, maka semakin banyak sekolah yang mencanangkan program ini. Sehingga diharapkan dengan berkembangnya dan semakin luasnya program sekolah ramah anak ini hingga ke seluruh penjuru Indonesia terutama di daerah, maka pengembangan anak-anak semakin baik. Tumbuh kembangnya berjalan dengan baik da normal dan terhindar dari kerusakan moral serta memberi dampak positif pada proses tumbuh kembang anak-anak.

Rate this article!
SEKOLAH RAMAH ANAK,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: