SEKEDAR INGIN SAJA

Tugas KMO 8 : Menulis Artikel dengan tema “Kenapa Harus Nulis?”
MENULIS SEKEDAR INGIN SAJA
Garizah Sae

Menulis adalah suatu pekerjaan yang tingkat kesulitannya bergantung pada mood. Apabila menulis pada saat mood sedang baik, atau sedang sangat ingin menulis maka kegiatan menulis akan menjadi sangat menyenangkan. Sedangkan menulis pada saat mood sedang buruk, atau karna adanya tugas yang mengharuskan menulis, maka kegiatan menulis ini bisa menjadi sangat sulit untuk dimulai. Sebenarnya sangat mundah untuk mulai menulis, kita hanya perlu mengambil pulpen atau membuka word dan menulis. Namun, yang dikeluh-keluhkan banyak orang bukan hal itu, melainkan kekosongan ide untuk dituangkan dalam tulisan. kita tentu bisa menuliskan apa saja yang kita rasakan karna kegiatan menulis pada dasarnya merupakan salah satu media peluapan emosi, harapan, kekecewaan, yang sulit diutarakan dengan lisan.

Saya tidak memiliki alasan mendasar kenapa saya harus menulis?, karna setiap kali menulis saya memiliki tujuan yang berbeda. Contoh menulis ketika ingin ikut lomba menulis artikel, cerpen, dan lain-lain. kadang saya menulis hanya untuk membebaskan ide yang saya miliki. biasanya tertuang dalam updatan disosmed seperti facebook, membuat artikel pendek dan dishare di watshap, dan lain sebagainya. Jadi, alasan saya menulis adalah karena saya ingin. mungkin terdengar seperti sangat egois dan tidak memiliki komitmen, karna memang saya hanya berkomitmen untuk bahagia, selama itu membahagiakan saya, maka “I can do it”.
Ada beberapa motivasi menulis yang saya contek dan saya pedomani, serta saya amini. yang pertama motivasi Toni Morrison yaitu “Bila anda ingin sekali membaca sebuah buku tetapi belum ada yang menuliskannya, Anda harus menulis buku itu.” dan motivasinya Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” kedua motivasi tersebut belumlah menggambarkan alasan yang sebenarnya kenapa saya harus menulis.

Bagi saya, Menuangkan tulisan sama saja dengan bicara pada diri sendiri, dan itu adalah hoby saya. Saat tidak ada seseorang yang benar-benar saya percayai untuk berbagi cerita dan rahasia, disitulah saya harus menulis, disaat lelah menangis dalam doa disaat itu pula saya akan menulis. Saya bukan penyendiri atau orang yang terkucilkan dari pergaulan, namun untuk menuangkan luapan emosi saya lebih memilih menulis. Karna ketika menulis saya akan lebih mudah mengatur emosi diri dan tidak menguras energy. Namun, tidak mengurangi efek terapinya. Saya bukan penyendiri atau orang yang terkucilkan dari pergaulan, tapi saya adalah seorang yang memiliki masalah mental untuk tampil didepan banyak orang atau sekedar berbicara berdua. Saya memilih menulis sebagai jalan untuk menunjukkan keberadaan saya disuatu tempat. hingga pada saat bekerjapun saya selalu menulis.

Saya selalu menuliskan apa yang akan saya lakukan dan melakukan apa yang saya tulis. menulis apa saja yang telah saya lakukan dan membuat perbaikan dalam tulisan. mengawali dan mengakhiri dengan tulisan hingga saya tidak tau harus bagaimana tanpa tulisan. untuk itu, alasan saya menulis karna saya ingin. saya ingin bekerja, saya ingin hidup, saya ingin makan, saya ingin dianggap, saya ingin mencari ilmu, dan yang paling penting saya ingin ibadah.
Sekian….

Rate this article!
SEKEDAR INGIN SAJA,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply