SEJUTA WAJAH KEBAIKAN

“Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)”

(QS.Ar-Rahmah:60)

Ketika melihat orang-orang yang menurut kita tidak baik, apa yang ada di benak kita? Biasanya seseorang akan berfikir negatif saja tentang perbuatan yang tidak menyenangkan tentang orang lain, tanpa pernah sekalipun mencari tahu alasan perbuatannya itu. Sikap seperti ini seharusnya dijauhi, karena setiap orang pasti memiliki sisi kebaikan, sekalipun ia terkenal sebagai pribadi yang ‘nakal’.

Saya teringat dengan seorang siswa saya yang usil bin nyebelin. Saya memang tidak pernah mengajarnya secara langsung, tetapi saya sering melihat tingkahnya itu saat jam istirahat atau saat saya menggantikan guru lain mengajar. Siswa ini sering melakukan sesuatu yang bikin temannya kesal, kalua ada temannya yang pemalu dia justru akan semakin membuatnya malu, dst. Selain itu  dia termasuk yang susah diam, aktif pake banget, dan suaranya itu lho,,sebesar badannya di umur segitu.. Tapi, saya baru tahu dari cerita ayahnya kalo anak ini sangat penyayang bahkan melebihi kakak perempuannya yang kutahu sangat terlihat dewasa. Siswa ini punya perhatian yang baik, kata Ayahnya jika ibunya sakit, dengan sigap dia menanyakan apa saja keperluan ibunya dan memenuhinya segera. Masya Allah..

Saya juga jadi flashback ke masa lalu, waktu itu saya masih kuliah semester akhir, saat lagi heboh-hebohnya Pekan Kondom Nasional (PKN). Banyak orang yang menghujat acara tersebut, dengan alasan mendukung seks bebas dll. Nah, waktu itu saya nonton talkshow di TV. Di acara itu, ada seorang bintang tamu yang tidak lain adalah istri dari penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). Talkshow itu mengungkapkan sisi lain dari PKN, sisi kebaikannya adalah kondom ini dapat menolong orang-orang seperti si bintang tamu yang juga pasti tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa akan bersuamikan penderita HIV/AIDS.

Sekali lagi, kebaikan itu ada dimana saja, asal kita mau terus berpikiran positif terhadap apapun dan siapapun. Ada sebuah quote luar biasa yang saya ingat. “Kebaikan itu bukan hanya ada pada wajahku, tapi juga bisa ada pada wajahmu, dia dan mereka. Begitupun keburukan, bukan hanya ada pada wajahmu, dia dan mereka tapi juga bisa ada pada wajahku.”Quote ini mengingatkan kita agar tidak memvonis buruk orang lain dan selalu menganggap diri kita selalu baik. Karena manusia memang tidak pernah ada yang sempurna. Selamat menemukan sejuta wajah kebaikan dimanapun berada. Wallahu’alam.

Rate this article!
SEJUTA WAJAH KEBAIKAN,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply