Segudang Manfaat Menulis

Mengapa harus menulis? pertanyaan dari Kak Tendi Murti pada tugas pertama di KMO di pertemuan pertama. Kita memang tidak bisa dilepaskan dari kata menulis. Yang dari kecil memang diajarkan menulis. Menulis merupakan mencurahkan isi pikiran ke dalam suatu media. Bisa berupa kertas atau yang lainnya. Dan kenapa harus menulis? Menulis dapat merubah pemikiran orang lain menjadi lebih baik dengan tulisan-tulisan positif kita. Selain dapat mengasah kemampuan kita, menulis jugas bisa menjadi terapi pikiran kita dengan mencurahkan ide dan emosi kita ke dalam sebuah tulisan.

Dalam menulis, lita tidak terlepas dari kata membaca. Seperti satu paket yang tidak terpisahkan. Dengan membaca kita dapat melihat karakter para penulis lain yang juga bisa kita gunakan sebagai modal menulis kita. Dn dengan banyak membaca buku kita bisa menemukan karakteristik kepenulisan kita. Dn itu dapat digunakan sebagai ciri khas kita dalam menulis.

Menulis bukan sekedar hobi. Melainkan keharusan. Ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain akan bermanfaat bukan? Sama halnya dengan menulis. Orang lain yang membaca tulisan kita akan merasa termotivasi dari tulisan-tulisan positif kita. Dn dapat memberi manfaat bagi para pembacanya.

Menulis menjadikan kita lebih ekspresif. Dengan menulis catatan keseharian, kita sudah bisa dikatakan menulis. Memulis tidak harus berupa sebuah buku. Catatan kecil atau notes juga termasuk juga termasuk tulisan. Wakau hanya beberapa kata saja. Tetapi jika kita ingin mengembangkan sebuah tulisan sederhana seperti notes tadi, bisa saja kita membuat tulisan dengan rangkaian kata yang panjang. Sebut saja sebuah buku. Dengan menuangkan pengalaman sehari-hari pada sebuah tulisan menjadi seperti catatan keseharian tetapi lebih panjang dari catatan yang biasa kita tulis.

Dengan menulis seperti itu kita jadi lebih gampang memulai untuk menulis dan kita jadi lebih ekspresif karena yang kita tulis adalah pengalaman sehari-hari kita.

Menulis dapat menjadikan kita pribadi yang disiplin. Dengan adanya jadwal yang kita tentukan untuk menulis, kita dapat mengatur waktu untuk menulis dan melakukan pekerjaan yang lainnya. Jadi pekerjaan kita tidak akan terganggu dengan alasan untuk menulis.

Mernulis bagi remaja juga banyak manfaatnya. Menjadi lebih kreatif itu salah satunya. Kita dapat menentukan apa saja yang ingin kita tulis atau kita ketahui. Remaja biasanya memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi. Jadi agak lebih mudah jika memulai membuat tulisan sejak remaja. Tetapi lebih baik jika sejak kecil sudah diajarkan untuk mengarang atau membuat tulisan. Itu juga akan membuat otak pada anak belajar bekerja mengingat peristiwa dan membuat memori pada otak anak bekerja lebih optimal.

Menulis  memang memiliki segudang manfaat bagi diri kita, orang lain, dan peradaban di dunia. Tulisan dan opini-opini kita sangat berpengaruh pada perkembangan bangsa, negara dan dunia ini. Jadi mulailah menulis!

Riska Resti Fauziyah. KMO8A. Kelompok 5

Rate this article!
Segudang Manfaat Menulis,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: