Sebuah Renungan tentang Doa

Apa yang terjadi belakangan ini sungguhlah sangat aneh,  dengan alasan berbagai kesibukan yang dijalani. Banyak umat muslim yang tidak lagi bersyukur kepada Allah SWT. Padahal sesungguhnya bekerja di kantor, pasar, aktifitas kuliah maupun sekolah, merupakan sebuah anugrah dari Allah SWT.

وَقَالَ رَبُّڪُمُ ٱدۡعُونِىٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسۡتَكۡبِرُونَ عَنۡ عِبَادَتِى سَيَدۡخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

 

“Dan Tuhan kalian berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan doa kalian’.” (QS: Ghafir Ayat 60). Ayat ini merupakan bukti yang sangat jelas bahwa berdoa merupakan senjata andalan yang wajib digunakan oleh setiap mukmin”

Petikan ayat diatas seharusnya menjadi pedoman yang jelas bagi umat muslim bahwa Allah telah memberikan garansi bagi siapapun yang berdoa kepada-Nya.

Namun sering muncul pertanyaan, saya tiap hari berdoa kok gak terkabul juga ya? Tiap hari ibadah sholat wajib, dhuha, tahajjud tapi miskin terus, sementara tetangga sebelah boro – boro tahajud, sholat sehari cuma magrib doang itu juga karena diajak.

Sahabat pernah engga rindu sama seseorang ? kalau rindu kan pinginnya di hubungi selalu. Nah Allah itu rindu dengan tangisan kita di tengah malam, tersaruk bersimpuh memohon kemudahan dan penyelesaian atas masalah yang kita alami. Kalau Allah engga kasih kita cobaan dan masalah yang seabrek sangat mungkin kita lupa dengan Allah, kita jadi takabbur dengan meninggalkan sholat dan ibadah wajib lainnya.

Sahabat, boleh jadi mereka yang Allah berikan kemudahan , kelimpahan rezeki dan tidak pernah  bersyukur kepada Allah  adalah bentuk benci nya Allah kepada manusia tersebut. Mungkin Allah sengaja beri meraka kemudahan didunia untuk selanjutnya Allah hukum di akhirat.

Coba ingat ingat lagi, hari ini saja sudah berapa kali kita bersyukur atas berkah yang Allah berikan, contoh simple saja, Allah masih memberi kita nafas gratis, masih memberi izin kita untuk menikmati ramadhan tahun ini, masih diberi kesempatan untuk bercanda tawa dengan keluarga. Yuk kita bersyukur semoga Allah terus tambahkan nikmat kepada kita, jangan lupa disetiap sholat kita, sisipkan doa untuk saudara – saudara kita yang sedang ditimpa musibah, karena doanya orang mukmin kepada mukmin yang lain InsyaAllah diterima sepanjang kita tidak melakukan syirik kepada Allah.

 

 

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply