SATU JUTA

SATU JUTA

Kabarnya memang segitu jumlahnya. Beraninya Jokowi berjudi dengan jumlah itu. Setahuku, pemimpin yang cerdas adalah pemimpin yang beranj berhitung. Tidak semata bottom line : laba. Tetapi risiko.

Aku bersengaja mendengarkan ceramah Aa Gym selepas Isya malam ini. Aku pikir aku tak ingin ketinggalan dalam peristiwa besar besok dan ingin mengukir sejarah, caraku. Aku tak bisa datang. Tak pula aku menyumbang. Namun aku tetap ingin jadi pelaku. Egoku. Caranya bagaimana? Jika aku ditanya oleh Allah tentang kontribusiku untuk perhelatan besar besok, aku akan jawab bahwa aku berusaha belajar malam ini sehingga hatiku semakin mantap bahwa tindakan Saudaraku tidaklah salah. Itu jihad.

Apa mau dikata, tak seorang pun bisa mencegah. Trumph, Hillary, Obama, George Soros, apalah lagi Jokowi. Tinggal beberapa jam lagi, semua bergerak. Jokowi sesungguhnya bisa mencegah. Tetapi, dia lebih ingin bertaruh, entah untuk apa.

Selamat berjuang Saudaraku. Aku yakin sangat, engkau akan diacungi jempol oleh dunia tentang perilakumu yang santun esok hari. Dan yang lebih utama, semoga Allah ridho.

Bandung, 03 11 2016
Lisa Tinaria

Rate this article!
SATU JUTA,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply