Sahur Pertama Anak

 

Bagi Ayah Bunda yang memiliki anak usia 4 – 6 tahun, mungkin ini adalah kali pertama anak berpuasa.

 

Adalah tantangan tersendiri untuk membangunkan anak saat sahur. Mengapa sahur itu penting? Sebuah studi dalam British Journal of Nutrition membuktikan bahwa sahur diperlukan saat berpuasa sebagai ganti sarapan yang berfungsi agar tubuh memiliki cadangan energi untuk sepanjang hari.

Untuk anak-anak yang cenderung aktif tentu saja akan mengeluarkan banyak energi, sehingga tubuh akan menggunakan cadangan energi yang berasal dari sahur tersebut untuk mengganti energi yang hilang. Biasanya cadangan makanan yang berasal dari sahur akan bertahan selama 4-5 jam, untuk bertahan hingga waktu berbuka puasa tubuh akan memanfaatkan cadangan energi lain yaitu glikogen yang ada di sekitar otot dan hati.

 

Lalu bagaimana caranya agar anak semangat untuk sahur?

1. Terangkan pada anak pentingnya sahur.

Kita bisa menceritakan keutamaan sahur pada anak. Kita bisa menceritakan kepada anak bahwa dengan sahur, kita bisa lebih ringan dalam menjalankan ibadah puasa. Karena puasa sejatinya bukan untuk menyiksa, melainkan untuk mengajarkan kita agar berlatih menahan diri.

 

2. Berikan makanan kesukaan anak.

Saat sahur, bisa menjadi momen yang istimewa dengan menyediakan makanan kesukaan anak. Jika anak suka snack, berikan makanan penutup yang anak sukai.

 

3. Buat raport sahur.

Raport sahur bisa berupa tabel dengan kolom tanggal dan kolom kosong.

Saat anak sahur, berikanlah tanda di kolom kosong di samping tanggal. Di akhir Ramadhan nanti, bisa dihitung tanda keberhasilan anak. Jika Ayah Bunda mau, silakan memberikan reward saat anak mencapai keberhasilan yang banyak di akhir Ramadhan.

 

4. Bangunkan dengan lembut.

Seringkali kita merasakan pusing jika bangun dalam keadaan kaget. Karena itu, sebaiknya membangunkan anak dengan lembut. Bisa dengan bisikan positif seperti “Assalamu’alaikum anak sholeh/sholehah. Yuk mari kita bangun untuk sahur.”

Atau bisa juga dengan memasang murottal Al Quran atau lagu nasyid anak-anak.

 

5. Biasakan anak untuk tidur cepat.

Biasakan anak untuk tidur lebih cepat di bulan Ramadhan. Jadi setelah sholat tarawih, anak segera tidur.

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat anak lebih segar ketika dibangunkan sahur.

 

Nah, itu tips-tips agar anak semangat sahur. Silakan Ayah Bunda boleh menambahkan tips lain agar memperkaya upaya kita membangunkan anak sahur. 🙂

 

#SahurKata

#KMO01

Rate this article!
Sahur Pertama Anak,5 / 5 ( 1votes )
Tags: