Ridha-Mu yang Kucari part 2

“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah ayat 5-6)
Saat kita tengah berusaha, berjuang untuk mewujudkan apa yang diharapkan. Ada saat dimana rasa lelah begitu besar, langkah terasa berat, semua jalan seolah sulit untuk dilalui, berat dan sulit. Begitu beratnya sehingga kita seolah ingin berhenti, menyerah dan berkata cukup sampai disini. Tapi bagi orang yang beriman, bukan itu yang ia lakukan karena mereka percaya akan janji Tuhannya. Allah menjanjikan bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan, bahkan kalimat ini diulangi oleh Allah untuk mempertegas agar manusia menjadi yakin. Jika Allah sudah menjanjikan demikian maka kita sebagai orang beriman harus percaya, dengan iman itulah kita mampu untuk tetap melewati setiap kesulitan. Hal yang perlu kita lakukan adalah tetap berusaha, tetap berpikir positif bahwa Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap masalah kita. Jalan yang kita tempuh memang tidak selalu mulus, kadang dipertemukan dengan jalan penuh liku, bahkan tak jarang kita temui duri-duri tajam yang siap melukai, tapi dibalik itu Allah selalu menyiapkan pelajaran bagi orang yang percaya akan kekuasaan-Nya. Dengan adanya jalan berliku kita jadi lebih berhati-hati agar tidak terjatuh atau menabrak apa ada dihadapan kita, dari adanya duri-duri yang tajam kita jadi mengerti bahwa dalam sebuah dalam perjalanan kita butuh bekal untuk menghadapi rintangan. Tentu saja dengan tetap bersandar pada Allah dalam mencari solusi dari setiap permasalahan yang kita temui. Bukan dengan mencari jalan pintasnyang tak jarang menyesatkan dan membuat kita jauh dari tujuan sebenarnya.
Dalam ayat lain, dalam Al-Qur’an Allah menegaskan bahwa “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (QS. Al-Baqarah ayat 286). Saat kita mengahadapi masalah yang terasa sulit, berat, kembalilah kepada-Nya. Kita akan mampu menghadapi masalah itu karena Allah sudah menyesuaikam kadarnya dengan kemampuan kita. Manusia tidak akan diuji diluar batas kemampuannya. Saat bertemu masalah yang terasa berat katakanlah “Saya punya Allah Yang Maha besar dan semua masalah ini akan selesai dengan izin-Nya.” Manusia hanya perlu bersabar dalam setiap ikhtiar yang ia lakukan. Dengan keyakinan seperti ini, tak ada masalah yang terasa berat. Jangan mengeluh dengan apa yang kita hadapi karena itu tidak membuat beban berkurang, tapi justru menguras energi yang seharusnya kita gunakan untuk mencari solusi. Jika kita merasa masalah kita terlalu besar, lihatlah orang lain yang ternyata masalahnya jauh lebih banyak, lebih berat. Pikirkanlah seandainya kita berada di posisi orang lain, belum tentu kita sanggup. Ya, karena Allah Maha Adil, Maha Mengetahui, hanya membebani manusia sesuai dengan batas kemampuannya.

Rate this article!
Tags:
author

Author: