POLA ASUH ANAK MEMPENGARUHI KUALITAS DIRI ANAK DAN ORANG TUA

                      POLA ASUH ANAK MEMPENGARUHI    

                 KUALITAS DIRI ANAK DAN ORANG TUA

 

Kenapa saya katakan bahwa pola asuh anak sangat berpengaruh dengan kualitas diri anak itu sendiri dan orang tua. Karena anak-anak dilahirkan dengan gen yang diturunkan dari orang tuanya. Mereka tidak tau dan tidak bisa minta terlahir dari orangtua siapa. Kedua gen ayah dan ibunya tercampur menjadi satu dalam dirinya, oleh karenanya sifat dari anak tersebut adalah warisan orang tuanya. Inilah kenapa kita hendaknya bisa mempersiapkan diri kita terlebih dahulu lahir maupun batin sebelum kita mempunyai seorang anak.

Kenapa dikatakan siap lahir ini dipandang dari segi fisik harus benar-benar siap dalam mempersiapkan kehadiran sang anak terutama seorang wanita, dipandang segi batin harus  seoptimal bisa merubah diri menjadi jiwa yang lebih baik agar apabila mempunyai anak kelak gen yang dibawa bisa menjadi baik dan calon orang tua harus punya bekal dalam mendidik anaknya kelak dalam segi akhlak dan segi mental. Ini sangat perlu karena akhlak dan pengendalian diri yang berhubungan dengan mental dibawa anak sebagai bekal dalam menghadapi kehidupannya kelak.

Anak tidak butuh cuma dikasih sayang, materi, sandang, pangan dan papan tapi bekal pendidikan akhlak adalah pondasi anak untuk melangkah kekehidupan yang lebih baik. Segi intelektual saja tidak cukup harus diimbangi oleh akhlak dan tata krama yang baik. Kebanyakan anak sekarang intelektual menonjol tapi sangat kurang dalam segi akhlak atau juga tata krama. Kenapa begitu..?   Karena anak juga tidak dibiasakan dirumah diajari tata krama yang baik sehingga anak menjadi terbiasa dan dari kebiasaan itu menjadi karakter mereka.

Orang tua juga harus menjalankan juga menjadi pribadi yang baik agar menjadi contoh buat anak-anaknya. Itulah kita sebagai orang tua jangan memberi contoh yang jelek bagi anak atau perlakuan yang tidak pantas sehingga bisa dicontoh oleh anak-anaknya. Karena apa didikan kita nantinya akan dicontoh anak-anak kita. Itulah anak-anak kita yang sebenarnya juga merupakan figur kita sendiri sebagai orang tua. Jadi berhati-hatilah dalam menjaga amanah kita. Semoga kita semua menjadi orang tua yang berpribadi yang baik dan bisa melahirkan generasi yang baik pula…amin ya rabbal alamin ! .

 

Teratai

author

Author: 

Leave a Reply