PILIH KAYA, CANTIK, SHOLEHA ATAU… (YANG MAU DIAJAK MENIKAH) 1

Memilih wanita untuk dijadikan istri dan ibu dari anak – anak kita kelak bukanlah suatu perkara yang mudah. Banyak kriteria yang disebutkan oleha para laki – laki dalam memilih istri. Ada yang karena fulusnya banyak, saya ini sudah 27 tahun hidup susah dan kalau menikah dengan janda kaya mungkin agak senang sedikit hidup ini. Kamu mau sama anak tukang bakso itu, keluarganya kan miskin bener. Kamu gak lihat wajah anak tukang bakso itu Masya Allah imut sekali bro, kayakanya gak ada wanita di Palembang yang mengalahkan keimutannya. Saya ini mau mencari wanita yang selevel dengan saya, gak lihat apa saya ini berdarah biru kemerah – merahan dan kriteria terakhir karena agamanya, gampang untuk urusan agama ini tinggal diberikan pendidikan agama sudah selesai serta berbagai macam alasan lain yang dikemukan oleh para laki – laki dalam memilih istri.

Apakah kita yakin dengan semua kriteria di atas? nah di dalam Islam sudah diatur bagaimana kriteria dalam memilih calon istri. Menurut hadist Nabi Muhammad SAW : Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra). Berdasarkan hadis ini sudah bisa dipastikan bahwa semua laki – laki menginginkan 4 kriteria tersebut ada pada calon istrinya.

Kita uraikan sedikit dulu ya, bukan hal yang mudah untuk mencari calon istri yang memiliki 4 kriteria tersebut walaupun ini juga bukan merupakan hal yang mustahil. Tetapi disini yang harus para lelaki cermati bahwa kriteria terbaik dalam memilih istri adalah karena agamanya. Kenapa  bukan kayanya? Bukan cantiknya? Dan juga bukan nasabnya?. Karena wanita yang dipilih berdasarkan agamanya maka dia akan patuh kepada perintah Allah dan Rasulnya. Sehingga dia akan mampu untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari azab Allah dengan cara mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Ingat kita menikah bukan untuk satu dua bulan juga bukan satu atau dua tahun tapi untuk selamanya.

Faktor fisik juga dianjurkan untuk memilih calon istri. Bukan bermaksud untuk mengajarkan kufur terhadap nikmat Allah. Istri yang cantik bisa menentramkan hati karena entah benar atau salah banyak laki – laki yang sudah menikah bilang ketika melihat wanita lain terasa lebih cantik dari istrinya. Sehingga pada akhirrnya mereka bilang dengan istri yang cantik dapat meminimalisir kejadian ini. Padahal kalau kita perhatikan kriteria wanita cantik ini tidak dapat meminimalisir apa yang dikatakan kebanyakan laki – laki yang sudah menikah. Penyebab utamanya karena tidak bisa menundukkan pandangan. Secantik apapun wanita lain ketika mampu untuk menundukkan pandangan maka istrilah wanita yang paling cantik. Kalau boleh tahu seberapa lama kecantikan itu melekat pada wanita? Sampai kapan badannya tetap langsing dan singset? Sampai kapan mukanya tetap kencang? cuma 3 bulan? Atau 50 tahun? Kalau sampai 50 tahun, bisa ini laki – laki sholeh atau istrinya operasi plastik. Karena tidak bisa dipungkiri semakin bertambah umur wajah itu akan semakin keriput walaupun dipoles dengan bedak atau cream yang berharga puluhan juta.

 

author

Author: 

Leave a Reply