Perantara Hidayah

Allah Ta’ala berfirman

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).

Tujuan utama manusia diciptakan adalah untuk beribadah menyembah Allah sang pencipta, bisakah kita beribadah tanpa mengetahui ilmunya? Tentu saja tidak, manusia memerlukan ilmu untuk dapat melakukan tugasnya sebagai manusia, dan ilmu ini tentunya harus dicari, harus ada yang menyampaikan berulang ulang, baik melalui ucapan atau tulisan sehingga dapat di pelajari dan dipahami bahkan bisa merubah peradaban, inilah salah satu alasan mengapa kita harus menulis.

Karena dengan tulisan dapat memberi pengaruh pola pikir terhadap orang yang membacanya, maka luruskanlah niat buatlah tulisan yang baik sehingga dapat memberi manfaat dan menjadi perantara hidayah kepada sesama manusia.

Saya yakin jika kita telah memahami tujuan mengapa harus menulis, maka menulis tidak lagi hanya menjadi sebuah keinginan atau hobi, tapi menulis adalah keharusan, sampaikanlah walau satu ayat dan tugas kita hanya menyampaikan bukan memaksa, menghakimi apalagi menghujat, karena hidayah itu datangnya dari Allah.

Sering kita melihat betapa banyaknya manusia yang pandai menghujat seseorang ketika ia melakukan tindakan yang kurang sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga banyak hati yang tak lagi merasa tentram dan keributan dimana mana, pernahkah bertanya pada diri kita, mengapa seseorang itu melakukan hal yang membuatnya di hujat? Mengapa terlalu banyak manusia yang berani menghujat?

Jawaban saya karena yang dihujat dan menghujat adalah orang yang belum memiliki pengetahuan yang cukup, ilmu itu menyertai iman yang tak pernah dapat di pisahkan, sudah waktunya kita memiliki impian besar yaitu membuat sebuah perbaikan, menyebar ilmu dan pengetahuan serta kebenaran, tinggalkan jejak kebaikan untuk orang yang kita cintai.

Rate this article!
Perantara Hidayah,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply