Peran seorang Guru dan Orang Tua murid

Peran seorang Guru dan Orang Tua murid

Bismilah……..

Dalam artikel kali ini saya akan membahas hal yang sedikit berbeda dari biasanya, karena saya melihat sendiri hal yang luar biasa dari disekolah anak saya. Kemarin Orang Tua murid diminta datang kesekolah untuk menghadiri sebuah diskusi, disitu membahas tentang bagaimana perilaku anak disekolah dipadukan dengan perilaku anak dirumah. Suasana yang saya rasakan disini tidak seperti rapat yang monoton spaneng berkata membuat ngantuk dan jenuh, tetapi Guru itu bisa menciptakan suasana kekeluargaan dan persahabatan pada kami orang tua murid. Kami semua duduk dengan tenang tapi sesekali kami tertawa mendengar cerita sang Guru.

     Apa yang membuat saya terkesima oleh sosok Guru itu, karena beliau begitu detailnya sampai hal atau kebiasaan anak-anak kami tahu. Guru itu menerangkan bahwasanya apa yang diajarkan Guru di sekolah harus diteruskan atau dipadukan dengan pola asuh orang tua dirumah. Kami ditanyai bagaimana anak kami itu dirumah perilaku, si fat, dan sampai hal-hal yang yang membuat anak kami suka dan tidak suka. Sang Guru itu membahas mental anak satu persatu dengan sabarnya beliau bertanya dengan wali murid.

Sehingga kami berkesimpulan semua Guru itu sangat teliti sampai masalah aklakpun dirumah dan disekolah pola didiknya harus sama sehingga anak tidak terjadi kerancuan dalam menerapkannya. Dalam segi mental anak yang membuat kesulitan kita pecahkan bersama supaya anak tersebut bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan maksimal. Dan hal-hal yang kami harus lakukan sebagai orang tua dirumah harus memberikan energi positif pada anak awal dia berangkat sekolah.

Jaman anak sekarang apalagi sudah kelas 6 sd kebanyakan mempunyai hp android yang diberikan orang tuanya. Yang saya heran kan sang guru itu dengan detailnya tahu apa yang ditulis anak -anak kami. Ternyata beliau membuat satu grub khusus diBBM anak klas 6b yang gunanya mengawasi dan membantu anak-anak dalam kesulitan belajar. Waktu beliau tidak dihabiskannya disekolah saja. Tapi dirumah bila anak memerlukannya maka siap membantu. Sang Guru mengingatkan pada kami supaya sangat jeli mengawasi anak dalam pemakaian hp. Karena jaman sekarang teknologi semakin canggih dan bisa merusak anak kalau digunakan dalam hal kejelekan. Dan kami para orang tua juga mempunyai grub sendiri dengan sang Guru guna membahas dan berdiskusi tentang anak kami disekolah maupun dirumah.

Ini menurut saya adalah hal yang beda karena perhatian Guru itu sampai mengarah keperilaku anak dirumah atau disekolahpun dipadukan dan mencari tititk temu supaya anak bisa mengikuti pelajaran dengan sempurna. Biasanya pada umumnya Guru hanya sekedar membimbing disekolah tapi ini Guru berusaha memadukan peran orang tua sehingga terjadi harmonisasi dalam pembelajaran kepada sang anak secara maksimal.
Tugas Guru adalah sebagai profesi meliputi mendidik,mengajar, dan melatih.Mendidik mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar – pun berarti menerukan dan mengembangkan ilmu tehnologi dan pengetahuan. Adapun melatih berarti mengembangkan ketrampilan pada siswa. Dan dianjurkan untuk menjadi orang tua kedua bagi siswa dan berusaha menarik simpati para siswanya sehinnga pelajaran yang disampaikannya bisa diterima karena sudah timbul rasa kesukaan pada sang Guru. Menciptakan selalu energi positif antara Guru , murid dan peran orang tua dirumah seiring bisa mengantarkan anaknya dalam menimba ilmu.

        Nah itulah sekelumit tugas Guru dan peran orang tua yang saya ketahui. Karena peranan Guru dan orang tua menjadikan sosok yang terpenting bagi generasi anak-anak kita. Karena anak adalah figur kita sebagai orang tua. Semoga anak kita kedepan selalu sukses secara lahir maupun batin dan bisa berguna bagi diri, keluarga, agama, dan bangsanya amiin.

writter

Teratai

author

Author: 

Leave a Reply