Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Masa kembang balita, yaitu antara umur dua hingga empat tahun merupakan masa keemasan. Dimana di usia tersebut, rasa ingin tahu anak mencapai puncaknya. Anak – anak cenderung memperhatikan segala hal yang dilakukan, diucapkan, dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang tua dan juga lingkungan disekitar mereka mereka.Untuk itu bagi anda yang memiliki anak balita,  sebaiknya menjaga perilaku dan ucapan saat di depan buah hati agar anak tidak meniru hal – hal yang tidak baik dari anda. Tentu saja orang tua adalah madrasah atau pengajar utama untuk buah hatinya dalam memperkenalkan dunia di sekelilingnya.

Sedangkan dalam sistem pendidikan formal modern, pendidikan anak usia dini (PAUD) sering disebut juga sebagai Playgrup juga telah banyak tersedia. Pendidikan ini adalah pendidikan dasar sebelum anak melanjutkan sekolah ke Taman Kanak – kanak (TK).  Dimana faktanya, sekolah seperti ini memiliki kualitas serta cara mengajar yang lebih baik dari cara orang tua mengajarkan anaknya dirumah. Meskipun pada realitanya, untuk memasuki sekolah PAUD / Playgroup membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu adalah salah satu alasan yang membuat masyarakat dengan ekonomi menengah memilih tidak memberikan pendidikan usia dini pada anak – anaknya.

Sebagai sebuah solusi utama, pemerintah sendiri telah membangun berbagai instansi  pemerintahan dan organisasi untuk mendukung program pendidikan dini ini. Dengan berbagai anggaran yang diusahakan pihak pengelola, masyarakat tidak perlu membayar biaya sekolah PAUD dengan harga melangit. Bahkan, anak – anakpun telah diberi berbagai macam fasilitas yang tak kalah dari sekolah PAUD / Playgroup pada umumnya. Buku, alat tulis, dan berbagai permainan pun telah tersedia di instansi ini. Salah satu organisasi yang turut bergerak dan aktif dalam bidang ini adalah Rumah Pintar. Di berbagai daerah di kota – kota besar, Rumah Pintar telah didirikan untuk menambah dan mengajarkan kreatifitas pada balita dan anak – anak. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali inipun, mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat sekitar.

Mulai dari mengenal huruf, angka, bermain warna, belajar membuat karya dari berbagai barang bekas diajarkan di Rumah Pintar ini. Awlain itu, berbagai lomba diadakan guna menambah minat masyarakat dan menyadarkan akan pentingnya pendidikan anak usia dini untuk para balita. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi tujuan dari Rumah Pintar :

  1. Menambah Kreatifitas dalam mengelola barang – barang bekas untuk para anak – anak dan remaja. Mengajarkan mereka bahwa sampah semakin menggunung padahal banyak sampah yang bisa dipergunakan kembali. Baik sebagai barang multifungsi maupun kerajinan yang bernilai rupiah.
  2. Mempelajari benda, angka, warna, bentuk, gambar, huruf, dan sebagainya untuk balita. Meski hanya pengenalan dan tidak semua hal bisa mereka hafal, setidaknya saat mereka mempelajari hal – hal tersebut lebih lanjut di Taman Kanak – kanak, mereka tidak merasa terkejut dengan materi – materi tersebut.
  3. Anak – anak diharuskan bisa belajar untuk berinteraksi dengan teman – temannya yang lain. Mereka diajarkan untuk saling membantu dan bekerja sama baik sebagai kelompok maupun individu.

 

Tiga hal diatas hanya sedikit dari kelebihan jika anak – anak balita mendapatkan pendidikan diusia dini. Sebelum melanjutkan pembelajaran ke tahap selanjutnya di Taman Kanak – kanak. Selain dapat dilakukan oleh instansi atau lembaga pemerintahan,pelajaran pendidikan dasar usia dini tersebut dapat juga anda berikan dan tambahkan kepada anak anda. Dengan berbagai tutorial yang berada di internet. Memudahkan anda untuk melakukan segalanya lebih mudah.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply