Pengen Sehat? Tiru 2 Kebiasaan Rasulullah Ini Ketika Bangun Tidur

Pengen Sehat? Tiru 2 Kebiasaan Rasulullah Ini Ketika Bangun Tidur

Saat bangun tidur, beberapa dari kita seringkali langsung bangun, baik dalam posisi langsung berdiri atau terkaget-kaget karena kesiangan. Hal ini tentu spotan dilakukan, selain untuk menghindari rasa kantuk yang kembali menyerang. Hal ini tidaklah salah, namun akan lebih baik jika mencontoh beberapa prilaku Rasulullah SAW saat beliau bangun dari tidurnya.  Karena biasanya segala sesuatu yang Rasulullah lakukan, merupakan hal yang terbaik untuk dicontoh oleh umatnya, terutama jika ditinjau dari segi kesehatan. Berikut beberapa kebiasaan Rasul saat beliau baru bangun dari tidurnya.

  1. Duduk sejenak, mengusap muka dengan kedua tangan dan berdoa

Berdasarkan hadist Imam Muslim : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bangun tidur, lantas beliau duduk sembari menghilangkan rasa kantuk sembari mengusapkan tangannya ke wajahnya.” [HR. Muslim]

Jadi, dengan duduk sebentar di sisi tempat tidur saat bangun tidur, hal tersebut akan membuat badan menjadi sehat dan bugar. Karena ternyata saat bangun tidur, sebenarnya tubuh membutuhkan peregangan otot terlebih dahulu. Bangun dengan kondisi kaget dan secara tiba-tiba akan menyebabkan tulang pinggul mengalami dislokasi dan ini tentu tidak hanya berbahaya pada tubuh kita dan kesehatan kita.

Selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa ketika bangun tidur. Dengan berdoa berarti kita bersyukur kepada Allah SWT karena telah menjaga dan memberi kita penghidupan kembali.

  1. Bersiwak

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengenal apa itu siwak? Padahal Berabad-abad tahun yang lalu hal ini sempat sangat populer dilakukan oleh masyarakat hingga ke seluruh daerah Timur Tengah, Afrika dan Asia. Semua itu tentu saja karena Rasulullah SAW pernah mencontohkan dan ini pun telah menjadi gaya hidup sehat pada masa itu.

Sebagaimana hadist nabi yang mengatakan “Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim).

Dari segi kesehatan, kayu siwak yang merupakan ranting pohon ini memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Hal ini telah menjadi penelitian di laboratorium Jerman bahwa ternyata kandungan zat yang ada pada siwak sama baiknya dengan penisilin. Bahkan badan kesehatan dunia, WHO juga menganjurkan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi pada tahun 1986 dan 2000, demikian yang dilansir khasiatmanfaat.com (10/08/2017).

Demikian dua kebiasaan Rasulullah ketika bangun tidur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga kita bisa mencontoh dan menjadikannya sebagai kebiasaan serta gaya hidup sehat sehari-hari.

author

Author: 

IRT yang punya hobby menulis artikel, seorang kontributor UCNews, pengajar di salah satu MDTA di Kuningan, dan Sarjana Sosial Islam dari salah satu Perguruan Tinggi Islam di Cirebon