Pencapaian Kecil

Pagi ini luar biasa. Saya bangun jam 3.33 pagi untuk pertama kalinya di tahun 2017. Bangun sepagi itu dan mempunyai waktu bersama diri saya sendiri merupakan suatu pencapaian bagi saya, walaupun setelah shubuh saya tidur lagi.

Saya pulang telat semalam karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Saya pun masih harus mencuci sebelum saya dapat tidur nyenyak. Sepertinya saya baru terlelap tengah malam. Biasanya saya selalu pulang tepat waktu. Jarang sekali saya lembur. Namun, yang aneh adalah saya bisa bangun awal sekali pagi ini. Sedangkan, ketika saya tidur cepat tetap saja saya tidak bangun pagi sekali. Saya hanya ingat semalam bahwa saya akan bangun begitu alarm saya berbunyi dan masih ingin meneruskan sebuah buku. Tiap malam juga saya pasang alarm, tapi selalu saya matikan dan saya tidur lagi. Keinginan untuk membaca buku yang belum selesai ternyata bisa membangunkan saya lebih pagi. Saya melanjutkan buku saya ketika bangun sepagi itu.

Pencapaian kecil seperti bangun lebih pagi membuat saya sangat bersemangat dan merasa bahagia. Mungkin itu hanya sugesti. Tidak masalah walaupun hanya sugesti, saya tetap merasa lebih baik pagi ini. Jakarta tetap saja semrawut dengan kemacetan yang mengular dan kendaraan yang padat di jalan tol nya pagi ini. Langit pun mendung dengan rintik-rintik hujannya yang perlahan. Namun, suasan hati saya sedang bahagia. Pencapaian kecil berhasil mengubah pagi saya. Saya bersyukur.

Kita tidak harus bertindak besar untuk mengubah hidup. Mulai saja dari hal-hal yang paling mudah. Perubahan kecil nyatanya bisa memberikan pengaruh yang signifikan. Bukankah perubahan-perubahan kecil akan membawa kepada perubahan besar? Tidak perlu berangan-angan mengubah dunia. Ubah saja dulu apa yang bisa kita ubah sekarang, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil. Niscaya perubahan besar pun lebih mudah kita lakukan ketika kita sudah terbiasa melatih diri kita untuk hal-hal yang kecil. Teringat kata Pak Josef Bataona, HR Director Indofood, berkata ‘Be yourself but better everyday.’ Ya jadilah dirimu sendiri tetapi lebih baik setiap harinya. Salam perubahan!

Rate this article!
Pencapaian Kecil,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply