OATMEAL ALA MINANG

OATMEAL ALA MINANG

Apa sebenarnya konsep dari oatmeal? Oatmeal adalah biji tanaman kelompok padi padian yang ditumbuk. Oatmeal dimakan biasanya dengan menyeduhnya dengan susu, ditambah perasa lain seperti coklat, kopi, strawberry, pisang, dan tentu saja diberi gula sebagai pelengkap rasa.

Makanan seperti oatmeal juga ada dalam kuliner orang Minang. Namanya Ampiang Dadiah. Makanan ini dijadikan dessert terutama oleh orang tua tua Minang, pada kesempatan istimewa. Karena sulitnya bahan baku, makanan ini tidak begitu populer di kalangan anak muda Minang. Ditambah lagi rasanya juga kurang familiar.

Ampiang adalah beras ketan merah yang dipipihkan. Cara membuatnya adalah dengan mengukus terlebih dahulu ketan merah. Kemudian selagi panas, ketan tersebut dipipihkan (bukan ditumbuk halus). Setelah dingin, tampilan ampiang mirip cornflakes, yaitu kering, hanya agak kecil dan lebih keras.

Dadiah sederhananya adalah yogurt dari susu kerbau yang mentah. Teksturnya lebih padat dan lebih creamy. Pembuatan dadiah tidak memerlukan bakteri starter. Susu kerbau yang baru diperah, langsung dimasukkan ke tabung bambu, tabung bambu ditutup dengan plastik atau daun pisang, kemudian susu kerbau tersebut disimpan dua hari. Agaknya bakteri baik pada susu mentah itulah yang berfungsi sebagai starter dalam pembuatan dadiah. Rasa dadiah, ya, asam seperti yogurt. Baunya pun mirip yogurt.

Sekarang cara penyajiannya. Ampiang ditaruh di mangkuk saji, sekitar dua sendok makan. Tambahkan dadiah, juga dua sendok makan. Lalu tambahkan kinca atau gula aren cair, satu sendok makan, atau sesuai selera. Dengan adanya bahan basah, ampiang menjadi lembut. Rasa penganan ini, gurih, asam dan manis.

Terus terang aku sendiri belum pernah mencoba makanan ini, sehingga aku tidak bisa menceritakan pengalamanku dalam menyantapnya. Namun aku pencinta dadiah. Aku biasa memblendernya dengan terung belanda yang berwarna merah menyala dan menambahkan sedikit gula atau madu. Aku suka paduan rasa asam dan creamy. Jika aku di kampung, aku sering mendatangi penjual di rumahnya.

Mau mencoba ampiang dadiah? Silakan datang ke Bukittinggi, untuk menikmati oatmeal ala Urang Awak ini.

Bandung, 15 11 2015
Lisa Tinaria

Rate this article!
OATMEAL ALA MINANG,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply