NATURALISASI KONSEPTUAL SEBAGAI MUTIVASI PRIBADI SUKSES

THE ETHOS OF SAKURA*)
(NATURALISASI KONSEPTUAL SEBAGAI MUTIVASI PRIBADI SUKSES)

Kehidupan normalis manusia adalah menginginkan suatu kehidupan yang prima, optima, serta manusia super dalam setiap sisi kehidupan. Dalam setiap logika yang tersirat dalam otak kanan maupun otak kiri kita senantiasa menginginkan suatu kehidupan yang istimewa, dalam pengertian yang lebih luas suatu kondisi fisik maupun fisikis yang paling sempurna. Hal ini tentu menjadi sebuah keharusan normal bagi setiap personal, karena pada dasarnya manusia hidup untuk memperoleh suatu kabahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.
Tetapi benarkah langkah Anda sudah benar? Ataukah Anda harus lebih berpikir kritis terhadap setiap tindakan yang Anda lakukan?

Ataukah Anda hanya pasif menunggu suatu keberuntungan? Saatnya Anda mencoba menelusuri sebuah analogi yang tentu membuat Anda lebih jauh berpikir ke depan. Jika bunga sakura telah memamerkan kesuksesannya dalam keindahan bunganya di bulan April. Jika lebah madu telah memamerkan kesuksesannya dalam produk madu murni yang khasiatnya luar biasa. Jika ada orang yang sukses dengan tulisan-tulisannya. Maka Anda, salah satu model cipta yang diberi beragam kesempurnaan, tentu mempunyai kesempatan yang sama, untuk sukses, untuk bahagia, untuk menggapai impian-impian besar yang semula hanya sebuah angan, menjadi selangkah kenyataan yang akan memberikan warna baru dalam kehidupan yang lebih realistis.

Anda adalah manusia super. Anda adalah makhluk yang ‘maha’ sempurna, baik fisik maupun non-fisik. Manusia super selalu mempunyai karakter super karena ia sangat paham bahwa sukses itu indah, dan sukses itu bahagia. Jadilah diri Anda yang sesungguhnya. Karena Anda adalah sosok dengan segala keunggulan yang orang lain belum tentu memiliki. Anda adalah pribadi agung, yang orang lain belum tentu punya. Optimalkan kelebihan yang ada pada diri Anda, niscaya kesuksesan akan Anda raih dalam segala keunggulannya.

Saat lahir dari rahim, Anda langsung “menangis” karena melihat bumi yang begitu indah dan penuh tantangan, itulah etos kali pertama Anda saat menginjak bumi. Tangisan Anda adalah sepenuh energi yang akan menjadikan Anda mampu merubah pribadi Anda. Menjadi sebuah pribadi yang tak kenal putus asa (la taiasu mirruhillah, innahu la yaiasu mirruhillah illal kaumul fasikun), Anda tidak akan pernah berputus asa atas Rahmat Allah, karena jika Anda berputus asa itu artinya Anda adalah termasuk orang yang fasik (orang yang merusak dirinya atau bahkan juga orang lain yang membuat Anda tak punya arti apa-apa).

Tangisan Anda adalah sebuah kekuatan. Kekuatan untuk selalu beraktifitas positif, selalu berlatih untuk menjadi manusia yang berguna, bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya. Tanpa aktifitas latihan, segalanya akan berjalan lamban, lemah, dan akan menuai kegagalan. Mulailah untuk berlatih menulis, jika Anda ingin menjadi penulis. Mulailah untuk berrlatih melukis, jika Anda ingin menjadi pelukis yang hebat. Mulailah untuk berlatih mengajar, jika Anda ingin menjadi guru yang profesional. Berlatih, berlatih, dan berlatih adalah bagaikan tarikan nafas Anda setiap saat. Jangan pernah Anda menghitung berapa kali Anda berlatih, karena berlatih untuk menjadikan Anda sukses tidak memerlukan teknik matematik yang perlu dijumlah berapa kali Anda berlatih. Orang sukses tidak pernah menghitung berapa kali ia berlatih, karena latihannya tidak bisa dihitung saking banyaknya ia berlatih.
Memulai adalah juga bagian dari karakter orang sukses. Orang sukses selalu cepat dalam memulai. Mulailah apa yang ingin Anda lakukan sebelum orang lain memulai. Karena sedikit saja Anda terlambatt memulai, maka yang akan menjadi pemenangnya adalah bukan Anda.

Peluang sangat indah di depan mata hilang begitu saja tanpa diawali dengan memulai secara rasional, yaitu terukur dan terstruktur. Memulai juga harus ada strateginya, sehingga awal dari sebuah pekerjaan Anda akan menjadikan pijakan kesuksesan di saat-saat berikutnya. Terukur dan terstruktur adalah kunci utamanya. Terukur artinya, Anda dapat membuat neraca perimbangan antara kerja dan kinerja, serta value dari program kerja yang telah Anda persiapkan. Dengan rencana kerja yang terstruktur, terencana dengan matang, mantap dari segala sisi rencana, maka program Anda akan mencapai kesuksesan yang gemilang.

Memulai adalah pekerjaan awal setelah berdoa, yang wajib dilakukan untuk memperoleh kesuksesan. Anda harus yakin dalam hati, seyakin-yakinnya, bahwa doa yang Anda panjatkan akan menggapai hasil yang besar. Doa adalah bagian dari motivasi diri agar tidak cenderung berrsikap arogan, sombong, dan bisa menghargai kerja orang lain. Dan dengan doa pula, Anda akan menjadi manusia yang bersyukur, bahagia dengan segenap jiwa-raga, lahir dan batin.

Memulai adalah langkah awal dari sebuah proses. Proses akan berjalan secara alamiah dengan merambat melalui kesuksesan demi kesuksesan kecil yang akan terkumpul menjadi kesuksesan besar, bahkan sangat besar dengan penuh rasa syukur.
Anda adalah jiwa yang boleh memilih. Anda boleh memilih perkara kecil atau hal-hal yang besar. Anda adalah pribadi merdeka untuk menentukan nasib Anda sendiri. Menjadi yang pertama, yang kedua, yang ketiga, atau bahkan tanpa nilai angka sekalipun. Jika Anda gagal, berarti Andalah yang menentukan untuk gagal. Jika Anda sukses, itu artinya kesuksesan itu telah Anda pertautkan dalam karakter pilihan Anda. Jangan pernah berpikir bahwa kesuksesan itu akan datang dengan sendirinya, atau jangan pernah Anda berandai bahwa kegagalan itu tidak pernah menghampiri Anda. Tentukan pilihan Anda dalam kesuksesan yang pernah Anda impikan.
Jika masih tersedia untuk nomor satu, jangan berpikir untuk mengambil nomor dua. Berikanlah yang terbaik yang ada dalam diri Anda. Jika Anda berpikir bahwa diri Anda masih yang di bawah nomor satu, maka langkah strategis, jitu dan sportif harus Anda persiapkan. Artinya, jangan pernah berpikir untuk tidak nomor satu, karena jika Anda selalu berpikir untuk nomor satu, segala usaha dan kerja akan benar-benar maksimal, dan ke-maksimal-an kerja Anda yang akan menomor-satukan Anda.

Kegagalan identik dengan kekecewaan, sedangkan kesuksesan berafiliasi pada kebahagiaan. Namun perlu Anda sadari bahwa tak ada kesuksesan tanpa kegagalan, jika Anda memahami bahwa arti kegagalan adalah proses menuju kesuksesan. Hanya pribadi Anda sendiri yang akan menilai lebih bermakna di balik kegagalan Anda.

Kegagalan dan kesuksesan tidak akan terukur jika tidak dibuat jadwal dan bobot target secara definitif. Cobalah Anda buat program dan target apa yang ingin Anda raih. Di setiap lembaga pendidikan sudah dapat dipastikan ada jadwal dan target kurikulum yang ingin dicapai. Seorang guru yang super, profesional, akan membuat target dan jadwal yang akan diperoleh dalam setiap materi yang akan disampaikan. Jika dengan jadwal tersebut target dapat dicapai maka guru tersebut dikatakan berhasil. Tapi jika target yang diharapkan tidak sesuai, maka perlu strategi baru yang perlu untuk memperbaiki kegagalan yang telah dilakukan. Perbaikan dan penyempurnaan pintas haluan yang terjadwal adalah merupakan kesuksesan yang gemilang.

Akhirnya, kesuksesan besar akan menghampiri Anda, tanpa Anda sadari bahwa lintas perjalanan itu berproses secara alami dan keikhlasan Anda untuk bersyukur dengan kesuksesan yang Anda raih.
Jadwal bukanlah ramalan. Jadwal merupakan guide untuk mengukur keberhasilan juga kegagalan dalam waktu dan target. Jika jadwal dan target sengaja tidak dibuat, maka gagal tidak dapat terditeksi dan berhasil pun tidak dapat dipantau. Keberhasilan dan kegagalan berupa garis semu, tidak terkonsep, dan Anda tidak akan berarti apa-apa.
Jika Anda mengharapkan sebuah hasil yang maksimal, menginginkan kesuksesan besar, maka Anda perlu kerja yang maksimal dengan biaya yang optimal. Jika Anda memancing, dan Anda ingin ikan yang besar, maka umpan yang Anda gunakan bukan seekor cacing kecil yang hanya diminati oleh ikan-ikan kecil. Jika Anda sebagai pimpinan dalam lembaga pendidikan, menginginkan sebuah lembaga yang akuntabel, diminati oleh banyak siswa, dipercaya oleh masyarakat, maka cobalah sedikit merubah obsesi yang bersifat berani dengan cara mengirimkan bawahannya untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan, dengan cara magang di lembaga-lembaga lain yang bonafit, dengan cara menyekolahkan pendidik di lembaga tersebut di jenjang yang lebih tinggi, mengadakan seminar atau workshop mandiri, dan cara-cara lain yang mendorong kapabilitas stickholder yang lebih tinggi, tentu ini semua harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, tapi hasil dari semua itu akan terasa sangat menakjubkan. Keberhasilan Anda akan terpampang di depan kahidupan Anda.

Mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sekaligus bukan sebuah hal yang mustahil. Jika Anda lagi sedang mengajar, kemudian ada jeda untuk istirahat, gunkan luang waktu itu untuk membca, menulis, atau sekedar menonton berita di TV. Jika Anda sedang menunggu kereta, cobalah untuk mengisi kekosongan waktu itu dengan aktifitas apa saja. Bisa berbincang-bincang dengan orang di sekitarnya, bisa dengan cara berpikir tentang sebuah persoalan yang tengah dihadapi, atau dengan cara lain yang positif. Aktifitas di sela kesibukan Anda, justru membuat kesibukan lain tersendiri yang akan menghasilkan nilai tersendiri pula.

Setelah selesai dengan sebuah pekerjaan, maka kerjakanlah pekerjaan yang lain (faidza faroghta fanshob). Ungkapan ini bermakna bahwa jika kita telah menyelesaikan sebuah aktivitas, maka aktivitas yang lain harus segera juga dilakukan. Makna aktivitas yang lain ini bisa berupa beres-beres peralatan saat Anda melakukan aktivitas tadi, atau bisa juga melakukan aktivitas yang lain yang akan memberikan kontribusi positif pada kehidupan Anda.
Hemat menggunakan energi adalah bagian dari sikap sekaligus sifat orang yang sukses. Hemat bukan pelit. Hemat adalah merupakan neraca keadaan pribadi yang terjadi pada saat ini. Menggunakan kemampuan dalam arti luas sesuai dengan income finansial sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda nyaman dengan kipas manual (kipas sate), tidak perlu membeli kipas anggin elektrik. Bukan berarti Anda harus antipati terhadap kemajuan elektronik, akan tetapi hanya sebuah analogi terhadap kebutuhan yang sesuai dengan kondisi Anda pada saat ini. Kembalilah Anda pada kehematan yang kondusif, dengan strategi program yang terjadwal dan ter-target. Hal ini akan menjadikan Anda nyaman dalam menjalani hidup dan kehidupan yang super prima.

Kesempurnaan adalah objective value yang terletak pada posisi yang mendekati titik tidak terhingga (infinite point). Kesempurnaan adalah imajiner, tetapi ada juga yang beranggapan sebagai limited value. Hanya Nabi dan orang-orang “sholeh” yang bisa meraih kesempurnaan yang paling purna. Jika Anda beranggapan bahwa kesempurnaan itu bisa diartikan sebagai konsep yang membuat hati kita damai, tentram dalam hidup, dan nyaman dalam mengarungi kehidupan kemasyarakatan, maka hal ini bukan berarti kesempurrnaan itu sebuah asumsi mayapada (halunisasi). Meraih kedamaian adalah sebuah kesempurnaan. Mengusahakan ketentraman adalah sebuah keistimewaan. Dan mengupayakan kenyamanan adalah bagian dari prinsip orang-orang yang sukses. Dan Andalah orangnya, yang akan meraih kesempurnaan itu semua.

Sekarang adalah saatnya anda memulai. Memulai untuk menjadi orang yang sukses. Memulai untuk melakukan hal yang terbaik. Memulai untuk menjadi penulis, orator, seniman, musikus, pebisnis, dan memulai untuk menjadi yang terbaik. Cepat buka berarti tergesa-gesa. Cepat adalah terukur dan terjadwal dengan baik sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal. Cpat memulai yang terukur dan terstruktur adalah bagian dari hidup Anda. Cepat mulai sekarang juga, Anda adalah sebagai pionernya.

Setiap keputusan yang Anda ambil mengandung resiko. Resiko, ada yang beresiko besar ada yang beresiko menengah, dan ada yang beresiko kecil. Jika keputusan yang Anda ambil beresiko besar, maka Anda akan meraih kesuksesan besar. Jika Anda mengambil keputusan sedang, maka Anda akan menemukan kesuksesan sedang.

Jika Anda menginginkan kesuksesan kecil, maka ambillah keputusan yang beresiko kecil. Keputusan ada di di tangan Anda. Tetapi dengan resiko besar, keputusan besar, akan menjadikan Anda sukses besar. Resiko bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi resiko harus dihadapi dengan kebijakan yang terkonsep. Tanpa resiko besar, maka kesuksesan besar tak akan pernah Anda raih. Jika masih tersedia nomor satu, jangan pernah Anda memilih yang nomor dua. Jika tersedia sukses besar, jangan Anda memilih sukses yang sedang apalagi yang kecil.
Dalam hidup pasti ada yang namanya kompetisi. Persaingan adalah bagian dari proses hidup sukses. Jika Anda adalah orang yang sukses, maka orang-orang di samping Anda juga harus sukses. Ini akan menjadikan kesuksesan Anda abadi, bahkan jika seandainya kesuksesan orang-orang di samping Anda karena peran serta Anda. Saling membantu dengan kompetitor untuk sukses bersama. Sebuah kompetisi berbasis simbiosis mutualisme, saling menguntungkan, saling memberi peran dan kesertaan.
Pemimpin yang super selalu memprioritaskan untuk mempersiapkan generasi pemimpin berikutnya yang lebih baik. Dia sangat paham kalau institusinya harus berkembang sesuai dengan tantangan zaman yang semakin kompleks dan berat.

Sebagai seorang pimpinan Anda seharusnya mempunyai visi ke depan yang progresif, mengatur langkah konkrit demi kamajuan lembaga yang tengah Anda pimpin. Mengatur generasi berikutnya untuk selalu berupaya maksimal dalam mengemban amanah institusi yang lebih gemilang. Lebih sempurna dari apa yang telah Anda perbuat. Dan itu akan terjadi jika Anda sebagai pimpinan memberikan ruang gerak yang sangat luas kepada bawahannya untuk memposisikan diri sebagai penerus yang handal. Ada strategi yang harus Anda lakukan, seperti memberikan motivasi, mengayomi, memberikan teladan, serta mempersiapkan segala bentuk progresifitas bawahan untuk menjadi pimpinan berikutnya yang lebih terkonsep, lebih baik, lebih handal, serta lebih massif sesuai dengan kehendak zaman berikutnya. Maka, Anda sungguh sangat arif dan mulia.

Analogi naturalisasi yang terpampang di depan kehidupan Anda sungguh luar biasa untuk dijadikan sumber imajinasi, sumber gagasan untuk kehidupan Anda yang lebih sukses. Bunga sakura dengan keindahannya, maka jadikan Anda indah di mata para kompetitor, rekan kerja, bawahan, dan masyarakat luas sekitar. Pohan kelapa, dengan segala sisinya yang bermanfaat, jadikanlah Anda manusia yang bermanfaat, bermartabat, dari setiap aktivitas yang Anda lakukan. Lebah madu, dengan produk madunya yang dapat menjadikan kita sembuh, sehat akal, pikiran, dan jasmani, maka jadikanlah Anda sebagai obat bagi orang-orang di sekitar Anda bahkan lingkungan di sekitar Anda.

Jadilah Anda melati dan mawar dengan keharumannya yang menawan. Jadilah Anda dengan energi kuda yang dapat membantu sesama dalam banyak hal yang konkrit positif, jadilah Anda lautan dengan segala kekayaannya yang ada di dalamnya, jadilah Anda hutan dengan semua hakikat manfaat bagi semua kehidupan, jadilah Anda matahari dengan sinarnya yang membawa keberkahan.

Wal hasil, Anda adalah pribadi Anda sendiri dengan segala kesempurnaan, potensi, dan bakat yang perlu diasah agar Anda menjadi yang terbaik di antara orang-orang yang baik. Dan Anda adalah orang sukses yang pertama dalam lingkungan Anda sendiri. Selamat meraih kesuksesan dengan segala keindahan dan kedamaian serta kesempurnaan.

*) Disarikan dari sebuah buku yang berjudul “The Ethos Of Sakura”.

Sumenep, 14 Nopember 2010

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply