MISTERI “GUA NYAI”

Jumat, 13 Januari 1982

Ini adalah sebuah kisah klasik yang sudah terkenal di sebuah desa letaknya di kabupaten Tasikmalaya kecamatan Pancatengah, tepatnya desa Mekarsari.
Ada sebuah kisah yang turun temurun dari nenek moyang kami tentang suatu gua yang terletak di ujung selatan desa kami persis berbatasan dengan kabupaten Ciamis selatan.

Gua ini konon katanya adalah gua angker yang menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Ada yang menyebutkan Gua ini adalah peninggalan dari zaman DI/TII yang dijadikan tempat persembunyian. Tak sedikit pula yang bilang dahulu sering liat penampakan “penunggu” Gua tersebut. Gak sedikit pula yang mengartikan penampakan tersebut adalah seorang perempuan, itulah makanya disebut gua nyai. Nyai dalam masyarakat Sunda adalah sebutan sayang untuk anak atau gadis perempuan.

Tetapi menurut penelitian yang dilakukan sebuah tim expedisi dari Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Gua ini adalah hasil dari proses alam beribu ribu tahun lamanya. Gua terbentuk dari aliran air yang sering masuk kedalam tanah, sehingga terbentuklah sebuah terowongan yang lama kelamaan menjadi sebuah gua dengan arsitektur yang menarik.

Yang paling perlu diketahui, gua ini di nobatkan sebagai salah satu Gua berbahaya (red zone) di daerah Jawa Barat. Bukan tanpa sebab, yang pasti Gua tersebut telah memakan korban 7 mahasiswa universitas siliwangi tasikmalaya yang tergabung dalam tim mapala khaniwata. Waktu kejadian tersebut saya Masih bocah, hanya mendengar cerita dari Bapak yang waktu itu masih menjabat kepala Desa dan teman-temannya yang berusaha terus mencari keberadaan para mahasiswa tersebut. Ada yang langsung ditemukan hari itu dalam keadaan tak bernyawa, Dan ada pula yang ditemukan beberapa Hari kemudian dari sungai cimedang dibawah gua tersebut.

Gua ini bisa dibilang saluran air dari hulunya. Pada waktu itu memang lagi musim penghujan, dan kemungkinan air didalam gua meluap atau penuh dan menyeret semua mahasiswa yang berada didalamnya. Aliran air Gua ini akan tumpuh ke sungai di bawahnya yaitu sungai Cimedang. Begitu kira-kira menurut tim expedisi dari Universitas Siliwangi.

Dan,…
Kenapa Gua tersebut dinamai nyai, konon katanya nama ini dibuat oleh tim expedisi tadi yang menemukan adanya bekas telapak Kaki buaya di dalam gua. Yup,…nyai bukan diartikan sebagai gadis cantik penunggu gua, tetapi seekor “Buaya” yang tidak diketahui dimana keberadaannya.

Itulah sekelumit cerita dari desaku Mekarsari, Tasikmalaya selatan.

Rate this article!
MISTERI “GUA NYAI”,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply