Meraih Kesholihan Wanita

Apa sih yang disebut dengan wanita sholihah? Bagaimana cirri-ciri wanita sholihah? Mudahkah meraih kesholihah wanita? Menjadi Wanita Sholehah merupakan dambaan setiap wanita muslimah. Namun apa dan bagaimana sosok wanita sholehah tersebut dalam pandangan Islam?

Peran wanita sholihah sesungguhnya sangat besar dalam keluarga, bahkan negara. Di belakang seorang pemimpin atau suami yang sukses adalah seorang wanita yang sangat hebat. Jika wanita sholihah ada di belakang para lelaki mukmin atau suaminya di dunia ini, maka kita akan melihat kebangkitan dunia Islam untuk mampu memimpin dunia.

Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah”. (HR. Muslim). Wanita sholihah adalah wanita yang bertaqwa, yaitu yang taat pada Alloh dan RosulNya. Wanita yang bertaqwa adalah selalu melaksakan segala perintah Alloh dan RasulNya dan menjauh diri dari segala hal yang dilarang oleh Alloh dan RasulNya. Jadi sholihah atau tidaknya seorang wanita bergantung ketaatannya pada aturan-aturan Allah, baik sebagai seorang anak, seorang istri, anggota masyarakat, dan lainnya.

Dari Abu Huroiroh Rhodiyalloohu ‘Anhu bahwa Rosululloh Sholalloohu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya, dan karena dien (agama)-nya. Maka pilihlah yang memiliki dien maka engkau akan beruntung.” [HR. Bukhori dan Muslim]
Berdasarkan dalil Al-Quran dan sunnah, ciri-ciri wanita sholeha dapat terlihat diantaranya yaitu:

1. Taat kepada Allah dan taat kepada Rasul-Nya,
2. Taat kepada suami dan menjaga kehormatannya di saat suami ada atau tidak ada serta menjaga harta suaminya,
3. Menjaga shalat yang lima waktu,
4. Melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan,
5. Memakai jilbab yang menutup seluruh auratnya dan tidak untuk pamer kecantikan (tabarruj) seperti wanita Jahiliyyah.
6. Berakhlak mulia,
7. Selalu menjaga lisannya,
8. Tidak berbincang-bincang dan berdua-duaan dengan laki-laki yang bukan mahramnya karena yang ke-tiganya adalah syaitan,
9. Tidak menerima tamu yang tidak disukai oleh suaminya,
10. Taat kepada kedua orang tua dalam kebaikan,
11. Berbuat baik kepada tetangganya sesuai dengan syari’at.

Nah apabila kriteria ini dipenuhi insya Allah rumah tangga yang Islami akan terwujud. Semua bermula dari wanita sholihah yang disebutkan di atas. Sebagai tambahan, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk memilih wanita yang subur (banyak keturunannya) dan penyayang agar dapat melahirkan generasi penerus ummat.

Walaupun sesungguhnya tidak mudah menjadi wanita yang sholihah. Butuh kemauan dan istiqomah. Karena janji Allah ada hadiah untuk wanita sholihah. Surga yang allah janjikan dan kebaikan lainnya. Karena begitu kuat pula godaan untuk menjadi tidak sholihah. Wahai wanita, pilihan semua ada ditanganmu. Inginkah engkau? Meraih kesholihan wanita-mu?

Rate this article!
Meraih Kesholihan Wanita,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: