Menulis Membahagiakan

Menulis Membahagiakan

 

Pernahkah anda membayangkan, jika jaman dahulu makhluk utusan Tuhan tidak meniggalkan kitab untuk umatnya?

Pernahkah terbersit dibenak anda, kenapa setiap penghujung perkuliahan harus membuat karya tulis ilmiah seperti tugas akhir, skripsi, tesis, dan desertasi?

Adanya Kitab  menunjukan pentingnya mengabadikan firman-firman Tuhan dalam sebuah tulisan agar sampai pada generasi berikutnya dan dapat dengan mudah dipelajari oleh generasi berikutnya. Serta Tugas membuat suatu karya tulis ilmiah dipenghujung kuliah menunjukkan seakan-akan apa yang dipelajari selama kuliah hanya untuk mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah.

Dua hal di atas menunjukkan pentingnya menulis. Manfaat yang sangat besar dapat diperoleh ketika anda dapat menulis. Berikut ini beberapa penjelasan tentang pentingnya menulis dan manfaatnya.

  1. Menulis dapat mengabadikan

Seperti dijelaskan pada awal artikel ini, bahwa dengan dibukukannya firman-firman Tuhan dalam bentuk kitab maka firman-firman Tuhan itu abadi dan sampai pada umatnya jaman sekarang, padahal firman Tuhan sudah diturunkan berabad-abad yang lalu. Hal ini dapat menunjukan bahwa dengan menulis maka hal yang disampaikan akan abadi.

Selain bukunya yang abadi, penulis buku juga akan abadi. Seperti para ilmuan yang membuat banyak karya dan penemuan yang dituliskan dalam buku-bukunya sehingga para ilmuan terkenang sampai sekarang, padahal kejadian ini pun sudah terjadi berabad-abad yang lalu.

  1. Menulis mengamalkan ilmu

Banyak kita temukan berbagai macam buku dari berbagai dasar ilmu di toko buku. Ini menunjukkan bahwa menulis murupakan sarana untuk mengamalkan ilmu. Ketika buku-buku tersebut dibaca oleh banyak orang maka ilmu yang dituangkan dalam buku tersebut tersampaikan pada pembacanya.

Pengalaman saya mengikuti kuliah S2, menjalani semua mata kuliahnya, mengikuti peraturan-peraturannya semua mengarah pada bagaimana kita juga dapat menuliskan ilmu yang kita peroleh, menuliskannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Menulis merupakan suatu ibadah

Kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari seorang penulis selain menulis itu sendiri adalah membaca. Membaca merupakan salah satu cara untuk menuntut ilmu. Disitulah letak diaman menulis itu bisa menjadi ibadah. Tatkala penulis mencari ilmu untuk bahan tulisannya yang ternyata mencari ilmu itu adalah ibadah. Kemudian mengamalkannya dengan menulis, dimana mengamalkan ilmu juga suatu ibadah. Maka banyak ibadah yang dapat dilakukan melalui menulis.

  1. Menulis menjadikan hati tenang

Bagi orang-orang yang kurang pandai dalam berbicara dan kurang pandai dalam bersosialisasi maka teman terbaiknya adalah buku harian, dimana dalam buku tersebut dia dapat melampiaskan segala isi perasaannya, ide-idenya dan berbagai pendapatnya yang tidak dapat diucapkan secara lisan. Maka dengan menulis dapat menjadikan hati lebih tenang. Dimana beban pada diri dilampiaskan memalui tulisan.

  1. Menulis dapat menghasilkan uang

Ini yang selalu bikin heboh dan banyak diminati. Yaitu sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Dimana dimas kanjeng dapat menggandakan uangnya dengan cara instan, maka penulis menggandakan uangnya dengan cara menulis.

Kita bisa lihat berapa harga buku-buku yang dijual di toko buku? Beberapa persen dari penjualan tersebut adalah milik penulis.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh seorang penulis dari karnyanya dalam bentuk buku atau bentuk yang lainnya. Selain mendapatkan materi juga mendapatkan pengabadian nama, popularitas.

Proses naik tingkat di instansi saya dimana salah satu aspek penilainnya adalah suatu karya tulis ilmiah, lagi-lagi mengharuskan bahwa seorang pendidik juga harus pandai menulis. Mengikuti suatu grup bisnis online, dimana promosi yang disampaikan secara online dengan menggunakan kata-kata yang menarik dalam bentuk tulisan baik itu berupa status atau iklan. Lagi-lagi disini yang ditekankan adalah mampu menulis.

Ternyata dalam hal apapun kita perlu menulis, menulis dan menulis. Dengan menulis dapat membahagiakan diri, tentunya dengan mendapatkan banyak manfaat dan pentingnya menulis.

Penulis : Nida wulandari

Tugas KMO 8A kelompok 5

Rate this article!
Menulis Membahagiakan,5 / 5 ( 1votes )