MENULIS ITU MUDAH!

“Menulis mah gampang pisan!”
“Menulis… pekerjaan yang menyenangkan dan menghasilkan!”
“Bikin cerpen… satu jam juga beres!”

Kalimat tersebut pastinya muncul dari orang yang memang hobi menulis dan orang yang sudah “jadi” penulis. Bagi mereka, pekerjaan yang menyenangkan dan memberikan penghasilan ya memang menulis.
Namun, bagi teman-teman yang baru sebatas punya keinginan menjadi penulis, pastinya punya pendapat yang berbeda.

“Hiks… kok buntu tulisannya!”
“Aduh… gimana caranya mencari ide yang keren biar tulisannya jadi bagus!”
“Kok susah, sih! Mana waktunya mepet nulisnya!”

Memang bagi young writers alias penulis pemula -atau pemula dalam hal apa pun- selalu merasa mengerjakan apa pun sulit. Plus ada saja kendalanya. Belum lagi ide yang sulit didapat atau menulisnya tergopoh-gopoh.
Kalaupun sudah menjadi tulisan selalu merasa garing. Belum menarik atau writeable. Sedihnya lagi, menganggap sudah tak ada ide. Karena ide tulisan yang didapat sudah ada orang lain yang membuatnya.

Lho… memangnya ide bisa habis? Gak sama sekali! Justru ide baru akan terus bermunculan seiring dunia yang masih terus ada. Misalnya saja, tentang masakan. Huaah… berapa banyak chef-chef baru yang bermunculan menyajikan resep anyar.

Nah, jelas banget kalau ide justru gak pernah habis. Gak mesti mencari ide yang bombastis atau fantastis atau spektakuler ketika membuat sebuah buku bagi young writers. Memang sih ketika kita menulis buku pertama kali, penginnya pembaca memandang wah ide kita.

“Keren banget! Penulis baru tapi idenya luar biasa!”
“Wah… calon penulis best seller nih. Karyanya bombastis! Kalah deh penulis profesional!”

Dan segala sanjungan puja puji bikin semriwing hati.

Terus bagaimana mendapatkan ide biasa yang bikin tulisan jadi luar biasa? Hmm… banyak ide di mana-mana.

To be continued…

Rate this article!
MENULIS ITU MUDAH!,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply