Menjadi Guru Yang Menyenangkan

Related image

Oleh : Nida Wulandari

Sebagai seorang guru, pernahkah terbersit dalam pikiran tipe guru seperti apakah saya dimata murid?

Mungkinkah saya seorang guru yang menyebalkan, membosankan atau bahkan menyenangkan, bisa juga ada yang menganggap saya guru galak.

Setiap guru pasti mendambakan bahwa dirinya menjadi guru yang menyenangkan dan dirindukan oleh para muridnya. Guru seperti apa sih yang menyenangkan dan dirindukan oleh murid?

Berikut ini beberapa kriteria guru menyenangkan dan dirindukan:

  1. Guru yang mengenal muridnya

Dalam satu kelas terdapat satu guru dan banyak murid bahkan ada yang sampai 45 orang jumlah muridnya. Bagi murid mudah mengenal satu guru tetapi bagi guru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengenal semua muridnya. Bahkan bagi beberapa guru tidak mampu mengenal semua muridnya karena saking banyaknya. Murid yang mudah dikenal oleh guru yaitu murid yang paling pintar dan paling nakal.

Suatu kebahagian tersendiri bai seorang murid dapat dikenal oleh gurunya, apalagi jika murid itu seseorang yang pendiam. Bisa jadi guru tersebut akan menjadi guru paforitnya.

  1. Guru yang mengerti murid

Seperti halnya orang tua dan anak di rumah, terkadang orangtua tidak mengerti keinginan anaknya. Begitu pula di sekolah, guru seringkali kebingungan dan bahkan sampai kewalahan pada ulah murid yang berlebihan, tetapi hal tersebut bisa dikarenakan guru yang tidak paham akan keinginan dan kebutuhan muridnya.

Misalnya dalam membuat peraturan di dalam kelas. Peraturan yang dibuat hanya oleh guru mungkin akan memberatkan murid karena ada beberapa peraturan yang tidak berkenan sehingga murid enggan untuk mematuhi aturan tersebut. Tetapi jika peraturan kelas dibuat oleh murid dan guru dengan musyawarah dan keputusan bersama, murid akan lebih bersenang hati melaksanakannya, karena dalam proses pembuatan peraturan tersebut suara hati dan keinginannya tercurahkan dan didengar oleh guru.

Lebih dekatnya guru yang mengerti murid adalah guru yang bijaksana, mau mendengar suara murid. Sehingga tercipta interaksi yang saling menyenangkan antara guru dan murid.

  1. Guru yang bersahabat dengan murid

Guru baiknya tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dengan murid. Guru yang bersahabat dengan murid menjadikan murid seperti teman namun menjaga jarak agar murid tidak berprilaku seenaknya pada guru. Jarak diciptakan agar murid tetap berprilaku sopan dan santun terhadap guru.

Misalnya sesekali guru mendengarkan curhatan para murid, namun guru memberi batasan agar murid tidak seenaknya kapan saja bisa curhat.

  1. Guru yang penyampaian pembelajarannya mudah dimengerti murid

Serumit apapun materi pelajaran, guru harus menyampaikannya sesederhana mungkin agar dapat mudah dipahami oleh murid. Contohnya kerumitan pelajaran matematika yang disampaikan dengan sederhana dan membuat mudah murid memahami maka murid akan menjadi senang dengan guru dan pelajarannya.

Betapa murid akan semakin stres jika pelajarannya sudah susah, disampaikannya rumit ditambah gurunya kiler.

Gambaran guru yang menyenangkan dan dirindukan di atas semoga bisa menjadi salah satu acuan bagi para guru agar disenangi dan dirindukan oleh para murid.

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply