Mengenali 7 Tanda Anak Cerdas

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya cerdas?. Pasti semua orang tua melakukan berbagai macam usaha agar anaknya menjadi lebih cerdas mulai usia dini. Mulai dari membelikannya mainan edukasi, buku-buku dan juga menjaga asupan gizi untuk perkembangan otaknya.

       Perkembangan intelektual atau kognitif pada anak berperan penting dalam pembentukan mental anak, pengambilan keputusan, bahasa dan ingatan seorang anak. Perkembangan intelektual juga sering dikaitkan dengan kecerdasan anak.

Biasanya kecerdasan anak paling jelas terlihat pada usia sekolah. Meski begitu ada beberapa ciri yang bisa menunjukkan apakah anak anda termasuk anak yang cerdas.

  • Sangat aktif

Anak yang aktif sering dikategorikan nakal. Padahal anak aktif itu berarti dia sedang mengeksplor rasa keingintahuannya akan sesuatu. Anak aktif tidak sama dengan hiperaktif meskipun sepintas cirinya hampir sama. Anak aktif dia bisa mengontrol semua gerakannya, lebih fokus dan suka dengan kegiatan yang membutuhkan aktifitas fisik. Sedangkan anak hiperaktif , mereka tidak mengontrol gerakannya, tidak sabaran dan cenderung agresif.

  • Daya ingat kuat

Anak cerdas menyimpan informasi yang pernah didengarnya atau dilihatnya dengan sangat baik dalam ingatannya. Daya ingat mereka yang baik juga sangat membantu mereka dalam memahami pelajaran mereka di sekolah.

  • Kosa kata yang banyak

Penguasaan kosakata yang tinggi merupakan salah satu tanda kecerdasan pada anak. Anak yang cerdas bisa menggunakan kosakata yang sulit dan mengucapkannya dalam kalimat yang lengkap dengan sangat baik.

  • Memperhatikan lebih detail

Anak yang cerdas senang memperhatikan hal-hal detail yang sering tidak terpikirkan oleh anak lain. Mereka juga sering penasaran dan ingin tahu cara kerja sesuatu dengan lebih terperinci.

  • Imajinasi yang tinggi

Anak yang cerdas sering berimajinasi dengan menirukan hal yang ada di sekitarnya atau membuat sesuatu . Misalnya membuat ikan dari kertas, membayangkan awan diatas langit seperti wajah orang , membuat gambar komik buatannya dll.

  • Tertarik dengan banyak hal

Mereka sering bertanya tentang banyak hal. Mereka juga sering mengeksplor minatnya untuk tahu lebih jauh. Ketertarikan mereka tidak akan berhenti sampai mereka mengetahui jawabannya.

  • Menguasai membaca lebih awal

     Rasa keingintahuan mereka yang tinggi mendorong mereka menguasai sesuatu hal lebih awal misalnya membaca. Kita bisa merangsangnya dengan memberi mereka buku cerita bergambar. Biasanya rasa penasaran dan ingin tahunya  membuat mereka bisa membaca lebih cepat.

     Bersyukurlah bila anda mengetahui bahwa anak anda mempunyai 7 tanda diatas. Anda sebagai orangtua hanya perlu mengarahkannya dan membimbingnya agar kecerdasan dasar yang dimilikinya semakin berkembang optimal .

Tingkat kecerdasan intelektual anak normalnya berkisar antara 85 – 115 dan anak dengan kecerdasan intelektual diatas 130 dikategorikan sebagai anak yang jenius.

     Meskipun masih banyak orang tua yang mengkaitkan kesuksesan anak dengan tingginya IQ, tetapi IQ hanyalah salah satu faktor diantara beberapa faktor yang menentukan kesuksesan anak di masa nanti. Tugas kita sebagai orangtua lah yang mengasah dan menumbuhkan faktor-faktor penunjang lainnya agar anak kelak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, penuh empati, penuh inisiatif dan menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh.    

Salam,

Tita Dewi Utara

KMO 07

Sarapan kata ke 21

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply