Mengenal Technopreneur Lebih Dekat

Banyak orang yang masih merasa asing dengan istilah technopreneur. Padahal istilah ini telah berkembang sejak akhir era 90-an ketika teknologi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Perkembangan tekhnologi yang sedemikian cepat memaksa banyak orang untuk menjadi bagian dari kemajuannya jika tidak ingin tertinggal.

Sejak awal milenium ke tiga ini,teknologi mengambil peran yang lebih dalam pada kehidupan manusia sejak populernya penggunaan internet. Terutama sejak maraknya penggunaan telepon pintar. Telepon tidak lagi hanya sebagai sarana komunikasi jarak jauh saja. Hampir semua urusan manusia bisa diselesaikan dengan hanya mengandalkan telepon pintar. Sebut saja membaca buku, membaca Al-quran, hiburan, aktivitas perbankan, hingga jual beli juga bisa dilakukan hanya dengan sebuah telepon pintar saja.

Sangat praktis.

Kemajuan teknologi telah membawa manusia pada sebuah peradaban di mana manusia telah menjadikan teknologi sebagai bagian dari bisnis. Bahkan kemajuan teknologi telah menjadi pokok utama pada kemajuan bisnis. Seperti pesan Bill Gates, “Jika bisnis yang kau lakukan tidak berada di internet, maka bisnismu akan bangkrut.”

Hal inilah yang membuat istilah technopreneur menjadi lebih akrab dalam kehidupan manusia.

Definisi

Technopreneur berasal dari technology dan enterpreneur. Technology atau teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Kini, istilah teknologi telah dikerucutkan sebagai kemajuan kecerdasan artifisial pada sebuah mesin. Sedangkan enterpreneur adalah orang yang melakukan aktivitas kewirausahaan.

Jadi, secara bahasa, technopreneur dapat diartikal sebagai seseorang yang melakukan bisnis dalam bidang teknologi. Bukan hanya memanfaatkan teknologi sebagai bisnis, tetapi juga bagaimana membisniskan teknologi, memanfaatkan teknologi yang telah berkembang sebagai lahan bisnis dan menjual kemampuan dakam bidang teknologi.

Jenis  Technopreneur

Beberapa jenis technopreneur yang telah banyak digeluti pebisnis antara lain :

  1. Menjadikan kemajuan teknologi sebagai pasar

Sebut saja e-commerce, online shop, dan market place sebagai contoh hasil dari technopreneur. Pebisnis memanfaatkan kemajuan internet sebagai pasar untuk memasarkan produknya. Bukan hanya produk barang seperti yang telah dicontohkan sebelumnya, produk jasa juga telah banyak yang dipasarkan melalui internet.

Internet telah menjadi sebuah pasar tanpa batas yang membuat pebisnis bisa dengan leluasa menjaring konsumen dari berbagai belahan dunia. Dengan internet, pebisnis bisa memilih di pasar mana bisnisnya mengambil tempat. Mulai dari lingkungan regional hingga internasional, semua terbuka dengan sangat luas.

  1. Menjadikan teknologi sebagai produk

Produk teknologi telah menjadi kebutuhan utama manusia. Selain sandang, pangan, dan papan, kebutuhan manusia terhadap teknologi telah mencapai titik tertinggi. Hal ini dikarenakan makin tingginya tingkat mobilitas dan kesibukan manusia sehingga membutuhkan dukungan dari teknologi untuk mempermudah.

Sebagai contoh, produsen telepon pintar yang kini bukan hanya berlomba dalam memperbaiki model telepon pintar saja. Tetapi juga berlomba memasukkan fitur-fitur canggih yang bisa membuat manusia menjadi lebih mudah.

  1. Menjadikan teknologi sebagai bagian dari bisnis

Menjadikan teknologi sebagai bagian dari bisnis misalnya dengan melakukan promosi melalui kecanggihan teknologi. Jika pada zaman dahulu pebisnis hanya memiliki pilihan untuk melakukan promosi melalui media cetak, sekarang pebisnis bisa langsung berkomunikasi dengan konsumen melalui kecanggihan teknologi. Pebisnis bisa langsung mendengarkan keluhan dan kepuasan konsumen melalui kecanggihan teknologi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, mulai dari yang berbayar untuk mencapai areal promosi luas hingga yang gratis tapi tetap tidak mengurangi efektivitas promosi itu sendiri. Pebisnis hanya tinggal memiih cara mana yang paling sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Peluang Bisnis Technopreneur

Bisnis technopreneur telah berhasil merebut tempat di masyarakat dengan sangat cepat. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknoogi membuat pebisnis dan konsumen bisa sama-sama mendapatkan kebaikan. Hal ini merupakan sebuah peluang yang besar bagi seorang pebisnis untuk melirik technopreneur. Besarnya peluang tersebut bisa dibuktikan dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan pengelola usaha yang bergerak di bidang teknologi

Peramal dunia usaha membaca dengan jelas bahwa technopreneur akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia terhadap technologi.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply