Mengapa Ya Harus Menulis?

Hanifah Fitria Ulfa
08A kelompok 08

Menulis bukanlah suatu kewajiban yang harus dipaksakan, tapi suatu kegiatan yang dilakukan karena kebutuhan. Apalagi di zaman demokratis seperti sekarang ini, dimana pers dalam bentuk tulisan mampu menjadi mulut untuk menyuarakan pendapat yang kita miliki.

Namun, jika ada yang bertanya kepada seseorang tentang mengapa kita harus menulis, tentu akan ada berbagai macam jawaban tergantung kepada siapa pertanyaan itu diajukan. Yah, misalnya saja pelajar, mereka akan mengatakan supaya mereka lebih mudah dalam mengingat tugas juga mata pelajaran yang telah mereka dapatkan. Atau mungkin pertanyaan itu diberikan pada dokter, pasti mereka akan menjawab untuk menganalisis penyakit yang diderita oleh pasiennya. Begitupun seterusnya tergantung siapa sasaran pertanyaan itu.

Tapi bukan itu yang kita bicarakan di sini. Kita tidak membicarakan “nulis” dalam artian umum seperti di atas, melainkan “nulis” untuk menghasilakan suatu karya. Dan disetiap kita membicarakan kata “karya” pasti kata “penulis” selalu mengiringinya.

Jadi, mengapa kita, para penulis maupun calon penulis, itu harus menulis??? Beginilah alasannya:
1. Meninggalkan karya
Sederhana memang, tapi inilah alasan paling kuat untuk melakukan kegiatan menulis. Tentu seorang penulis, entah penulis besar ataupun amatir, pasti menginginkan sebuah karya yang dihasilkannya sendiri. Karya besar yang tidak akan terlupakan juga memiliki dampak yang luar biasa. Sehingga mengharuskan mereka untuk terus menulis dan menulis hingga impiannya tercapai.

2. Berbagi pemikiran/ide
Pikiran-pikiran yang begitu banyak hingga memenuhi otak tentu akan menjadi hal yang sia-sia saja jika tidak disampaikan pada masyarakat luas. Sehingga menulislah menjadi pilihannya.
Menulis mampu menyampaikan jutaan kata yang menggantung di awan pikiran kita. Luasnya pikiran manusia bahkan digambarkan seperti langit biru yang menyelimuti seluruh jagad raya. Tapi, tidak semua orang mampu menyampaikan pikirannya lewat lisan. Oleh karena itu, pena dan kertaslah yang menjadi pilihan pelampiasan kita untuk menuangkan pikiran-pikiran tersebut.

3. Media untuk sharing
Menulis mampu memberikan pengetahuan yang kita dapatkan tanpa terlihat menggurui sasaran kita. Sehingga terkesan seperti bertukar cerita bukan memintari ataupun menggurui. Karena dengan menulis, kita mampu mengontrol kata yang kita sampaikan sehingga tidak menyakiti ataupun terkesan menggurui para penikmat tulisan kita.

4. Untuk memahami orang lain
Menulis mampu membuat kita tahu bagaimana sisi lain dari kehidupan yang telah kita jalankan. Sebab kita harus memahami orang lain dengan sudut pandang yang berbeda yang dikarenakan latar sosial, pendidikan, dan pemahaman yang berbeda.

Karena terkadang dalam menulis kita juga memainkan peran orang lain yang bukan diri kita sendiri. Dari situlah pemahaman terhadap orang lain bisa muncul, entah karena tulisan kita sendiri ataupun karena keterpaksaan kita mengamati fenomena sekitar untuk tulisan yang kita buat.

Itulah sedikit alasan mengapa kita harus menulis. Semoga barisan kata di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

See you^^

Rate this article!
Mengapa Ya Harus Menulis?,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply