MENGAPA SAYA HARUS MENULIS

Berbicara tentang alasan mengapa harus menulis bagi setiap orang pasti beragam namun yang pasti seperti yang di katakan oleh Bobbi DePorter dalam bukunya quantum teaching bahwa seseorang akan bersemangat mengerjakan sesuatu ketika mengetahui apa manfaatnya baginya.

Sejak jaman mahasiswa sudah memiliki ketertarikan dengan dunia menulis namun hanya pada dataran menggugurkan kewajiban memenuhi tuntutan program kerja di sebuah lembaga kemahasiswaan.

Saat ini ada dua hal yang menjadi alasan mengapa saya harus menulis. Yang pertama seiring dengan waktu kesadaran menulis itu muncul ketika telah dikarunia seorang anak. Kesadaran akan pentingnya ilmu yang berkaitan dengan pengasuhan anak akan tetapi saya perlu sarana untuk mengikat ilmu yang saya dapatkan karena tanpa diikat ilmunya akan menguap. Berangkat dari sebuah hadits yang mengatakan bahwa “ikatlah ilmu dengan tulisan”, maka saya pun mencoba untuk menulis dan hasilnya memang mampu lebih bertahan lama dalam memori. Yah…ternyata memang lewat menulis saya bisa mengeksplor ilmu pengetahuan yang saya miliki dengan melalui ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan menulis saya juga memiliki alasan untuk kembali banyak membaca (hal yang sudah lama ditinggalkan☺) karena salah satu faktor lancar dalam menulis ketika memiliki  pengetahuan yang luas.

Yang kedua alasan saya ingin menulis yaitu untuk peradaban. Selalu terinspirasi dengan orang-orang yang bisa mempengaruhi orang untuk menjadi lebih baik melalui tulisan even itu melalui media sosial. Itu juga yang menjadi harapan saya ke depan, sebagai seorang guru yang saat ini menghadapi remaja yang sedang mencari identitas dirinya, semoga dengan menulis bisa menjadi salah satu metode yang bisa membantu mengarahkan pola fikir dan sikap mereka sesuai dengan koridor yang berlaku pada ideologi maupun norma-norma di masyarakat.

Demikian alasan mengapa saya harus menulis. Semoga bisa menjadi sarana untuk menjadi pribadi yang lebih  tercerahkan…Amin

Rate this article!
author

Author: