Mengapa harus menulis

Ilmy_HW
KMO 8 kelompok 7

Menulis merupakan cara ampuh untuk mencegah penyakit lupa. Otak memiliki kemampuan terbatas dalam menyimpan memori, dimana otak akan menyimpan memori yang dianggap berkesan saja, sedangkan memori-memori yang tidak penting akan terhapus seiring berjalannya waktu. Dengan menulis melatih otak kita untuk tidak lupa pada hal-hal apa saja yang telah kita lakukan selama ini dalam bentuk kata-kata. Karena kadang ada beberapa memori yang ingin diingat kembali dengan tujuan tertentu tapi otak tidak lagi menyimpan memori itu. Dengan menulis memori yang telah hilang itu dapat di flashback kembali sehingga kita tidak lupa pada hal tersebut. Selain itu manfaat menulis bagi otak adalah dapat membantu dalam mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan. Cara ini tentu bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. Dengan adanya koordinasi otak kiri dan kanan, maka kerja otak akan menjadi maksimal.

Menulis merupakan cara yang efektif untuk mengurangi beban pikiran terutama untuk orang-orang seperti saya yang susah untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakan kepada orang lain. Banyak hal-hal yang ingin disampaikan akan tetapi lidah begitu terasa berat untuk mengucapkan hal yang ingin diutarakan. Menuliskan apa yang ada dalam benak dan pikiran membuat batin lebih lega dari pada disimpan dalam hati saja dan menjadi beban pikiran.

Menulis membuat hidup lebih produktif, usia lebih bermanfaat tak terbuang sia-sia. Dengan menulis wawasan terus bertambah, setiap hal dalam hidup menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi diri dan orang lain, langkah dan akivitas tak kan terbuang ke perkara yang tiada manfaat sama sekali, karena tersibukkan oleh kegiatan yang harus tergali dan terkumpulkan sebagai referensi bahan yang akan ditulisnya.

Manfaat lain dari menulis membuat kita lebih kreatif untuk menuangkan ide-ide cemerlang. Dengan menulis kita untuk berfikir dan terus berusaha mengembangakan potensi dan kemampuan diri. Motivasi inilah yang akan mendobrak dalam menemukan ide-ide baru, karena di saat terjun dalam dunia tulis menulis, seseorang akan terus tertantang membuat gebrakan baru untuk menyalurkan ide-ide dan gagasan terbaik. Dengan jalan menulis inilah ide-ide anyar itu akan terus bermunculan dan tersebarkan. Oleh karena itu, berusahalah menulis apa yang terpikirkan, apa yang terlihat, apa yang terdengar, apa yang terasakan, apa yang terbaca, dan terbagikan dari orang lain. Begitu juga sebuah ide atau gagasan, ia akan terus ada dan berkembang, dan ide yang besar pasti terawali oleh ide yang kecil, dan ide yang sepektakuler pasti tertumbuh dari ide yang biasa-biasa sebelumnya. semua terkaitkan dan tak terpisahkan, hanya kemalasan, sombong dan keengganan lah yang menjadikan ide-ide itu sia-sia dan beku. Menulislah, dan ide-ide baru pasti akan terus bermunculan di benak, menulislah, dan ide-ide baru pasti akan mengantri untuk tertuliskan. Buat dunia yang ada dalam benak dan khayalan kita menjadi bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain karena sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi sesama.

Rate this article!
Mengapa harus menulis,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: