Mengajari Anak Bersedekah Atau Berwakaf

Di bulan Ramadhan ini, waktu yang tepat untuk mengajarkan kepada anak berlomba-lomba dalam kebaikan. Beragam kegiatan dapat dilakukan bersama anak.

Jika anak memiliki tabungan sedekah, Bunda bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu sahur atau menu berbuka. Kemudian ajak anak untuk membagikan makanan tersebut ke orang-orang yang membutuhkan.

Atau bisa juga mengajak anak untuk berbuka puasa di rumah anak yatim dan panti asuhan. Selain berbuat kebaikan, anak juga bisa belajar bersahabat dan berteman dengan anak-anak disana serta belajar bersilaturahmi.

Kegiatan lainnya adalah mengajak anak untuk berwakaf. Bisa dalam bentuk buku atau Al Quran yang manfaatnya bisa terus dirasakan banyak orang.

Apakah Bunda sudah mengetahui apa itu perbedaan sedekah dan wakaf? Jika belum, Bunda bisa menginformasikan hal ini kepada anak.

Waqaf itu sejenis ibadah maliyah yang spesifik. Asal katanya dari kata wa-qa-fa (وقف) yang artinya tetap atau diam. Maksudnya adalah bahwa seseorang menyerahkan harta yang tetap ada terus wujudnya namun selalu memberikan manfaat dari waktu ke waktu tanpa kehilangan benda aslinya.

Wakaf berbeda dengan sedekah biasa. Kalau sedekah biasa, begitu seseorang memberikan hartanya, maka biasanya harta itu langsung habis manfaatnya saat itu juga. Misalnya, seseorang bersedekah memberikan 10 orang miskin makan siang. Begitu makanan sudah dilahap, maka orang itu dapat pahala. Tapi tidak ada pahala lainnya setelah itu, sebab pokok sedekah itu sudah selesai manfaatnya.

Sedangkan dalam wakaf, seseorang bersedekah dengan harta yang pokoknya tetap ada, namun harta itu bisa menghasilkan pemasukan atau penghasilan yang bersifat terus menerus dan juga rutin.

Jadi, setelah mendapat referensi kegiatan apa saja untuk berlomba dalam kebaikan dan pengertian apa itu wakaf dan sedekah, Bunda bisa mengarahkan pada anak kebaikan mana yang ingin dilakukan selama Ramadhan ini. Sudah siap?
🙂

(Ayas Ayuningtias)
Sumber informasi mengenai perbedaan Wakaf dan Sedekah : eramuslim.com

#SahurKata
#KMO10

Tags: