MEMPERLUAS ARTI SEBUAH CINTA (II)

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan (Q.S Al Qashash : 77).

Kecintaan seperti apa yang sudah kita berikan demi lingkungan hidup ini? Apakah setiap hari kita hanya turut serta dalam merusaknya? Padahal sudah jelas bahwa Allah sungguh tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan. Kerusakan lingkungan hampir merata terjadi di seluruh daerah di Indonesia. Banyaknya bencana alam, longsor, banjir kekeringan, pemanasan global dan sebagainya,  membuktikan bahwa memang alam sudah sedemikian rusaknya.

Manusia dengan seenaknya dan sangat tamak dalam mengambil manfaat dari alam tanpa memperhatikan kelangsungan hidup dari alam itu sendiri. Alam dieksploitasi habis – habisan, selagi masih banyak kandungan yang terdapat di dalamnya, maka jangahn pernah harap eksploitasi terhadap alam itu akan berhenti. Entah apakah masih memikirkan bagaimana kehidupan anak cucunya kelak.

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (Q. S. Ar Ruum : 41).

Sudah jelas, bahwa wajib bagi manusia untuk menjaga, melestariakan dan mencintai alam ini. Kita ini sudah dipilih Allah sebagai khalifah di muka bumi ini dan sudah saatnya kita bertanggung jawab atas segala kerusakan alam ini dan marilah bersama – sama jaga alam ini. Memang tidak akan semudah membalikkan telapak tangan tetapi marilah kita coba dari hal yang terkecil, entah itu dengan membuang sampah pada tempatnya atau lain sebaginya.

Pada intinya manusia tidak dilarang untuk memanfaatkan alam semesta demi kelangsungan hidup dengan syarat memanfaatkan dengan sebaik – baiknya dan tetap menjaga serta memelihara fungsi alam agar dapat dirasakan secara berkelanjutan.

Rate this article!
author

Author: