Membiasakan anak dengan adab-adab seorang muslim (Bag. 4) – Adab bangun tidur

Pada tiga bagian sebelumnya, kita telah sama-sama belajar mengenai adab makan dan minum, adab masuk dan keluar kamar mandi, dan adab sebelum tidur dalam islam. Pada bagian ke empat ini, mari kita belajar tentang adab bangun tidur sesuai sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beberapa adab bangun tidur dalam islam yang mulai bisa kita kenalkan sejak kecil kepada anak-anak adalah sebagai berikut ini.

  1. Mengusap bekas tidur di wajah

Mungkin kita sering melakukannya saat bangun tidur; mengusap wajah dengan tangan. Tapi sayangnya mungkin kita belum mengetahui kalau ini adalah salah satu sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah sekarang mengetahuinya, mari kita niatkan aktivitas ini sebagai salah satu amalan sunnah, sehingga insyaaAllah juga berbuah pahala.

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya, Maimunah Radhiyallahu ‘anha, saah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kata Ibnu Abbas,

“Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.” (HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya).

2. Membaca doa ketika bangun tidur

Diantara doa bangun tidur yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam rutinkan saat bangun tidur adalah:

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur.”.

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

Sesuai dengan hadits berikut ini:

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bangun tidur beliau membaca: Alhamdulillah alladzi ahyaanaa…dst. (HR. Bukhari 6312, Muslim 2711, dan yang lainnya).

3. Menggosok gigi

Frekuensi menggosok gigi yang dianjurkan adalah dua kali dalam sehari, yaitu pagi setelah sarapan, dan malam sebelum tidur. Nah, sekarang bagaimana kalau kita tambah lagi frekuensi menggosok gigi sekali lagi, yaitu saat bangun tidur dengan niat mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan,

“Nabi Shollallahu’alaihi wassalam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari 245 dan Muslim 255).

4. Mencuci kedua tangan 3 kali

Dari Abu Hurairoh Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam berpesan,

“Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim 278).

Yuk, kita biasakan anak untuk mencuci tangannya tiga kali setiap bangun tidur, insyaaAllah kebiasaan baik ini akan selalu dilakukannya.

Adab-adab bangun tidur lainnya seperti; membaca 10 ayat terakhir dari Surat Ali Imran dan membersihkan rongga hidung sesuai sunnah (istinsyaq dan istintsar) juga mulai bisa dikenalkan secara perlahan sesuai tingkatan usia anak.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya.”(HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhu)

Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita dalam mendidik anak-anak kita sesuai dengan ajaran islam. Barakallahu fikum, aamiin allahumma aamiin.

Referensi: konsultasisyariah.com

author

Author: 

Leave a Reply