Membiasakan anak dengan adab-adab seorang muslim (Bag. 3) – Adab sebelum tidur

Mengajak anak untuk mencuci tangan dan kaki, menggosok gigi dan berganti piyama adalah beberapa rutinitas yang biasanya kita terapkan kepada anak-anak menjelang waktu tidur mereka. Aktivitas menyenangkan sebagai pengantar tidur seperti mendongeng, membacakan buku cerita, atau memijat ringan juga mempunyai banyak manfaat bagi kualitas tidur anak.

Apalagi, jika kita juga menyisipkan beberapa adab sebelum tidur menurut Islam dalam rutinitas menjelang tidur mereka. Rutinitas ini juga dapat menjadi sarana belajar anak dalam mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, memaknainya sebagai aktivitas rutin yang bernilai pahala dan insyaaAllah akan terus mereka amalkan di sepanjang hidupnya.

Berikut adalah beberapa adab sebelum tidur yang bisa kita kenalkan kepada anak:

  1. Berwudhu sebelum tidur.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu’ terlebih dahulu sebagaimana wudhu’mu untuk melakukan shalat.”

[HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710].

Ajak anak untuk berwudhu setelah mereka selesai menggosok gigi dan berikan bantuan dalam membasuh bagian-bagian tubuhnya jika diperlukan. Perlahan sesuai usia, mereka akan dapat melakukannya sendiri dan orangtua cukup memantau dan mengingatkan jika mereka lupa.

2. Hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran) ketika hendak tidur.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.”

[HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. Lafazh yang seperti ini berdasarkan riwayat Muslim].

Perlihatkan kepada anak rutinitas orangtua dalam membersihkan tempat tidur sambil menjelaskan dengan bahasa sederhana bahwa ini adalah kebiasaan baik dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang patut kita contoh. Biarkan anak yang mencoba melakukannya jika mereka menginginkannya. InsyaaAllah mereka juga akan senantiasa melakukan apa yang orangtua mereka contohkan di masa yang akan datang.

3. Berbaring pada sisi kanan

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.”

[HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710].  

4. Membaca ayat-ayat Al Quran, antara lain:

  • Surat Al Ikhlas
  • Surat Al Falaq
  • Surat An Naas
  • Ayat kursi (Al Baqarah 255)

dan membaca doa sebelum tidur:

Bismika allahumma amuutu wa ahyaa”, berdasarkan hadits berikut ini:

Dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ (HR. Bukhari no. 6324).

Rutinitas orangtua membacakan ayat-ayat Al Quran dan doa tersebut di atas setiap malam juga dapat membantu anak dalam menghafalkannya. Secara bertahap, biarkan anak mencoba membacanya sendiri sambil orangtua tetap mendengarkan dan memperbaiki bacaan yang kurang tepat. Jika anak sudah lancar, orangtua cukup mengingatkan mereka untuk melakukannya dan orangtua cukup menyimak dan mengikuti di dalam hati.

5. Biasakan anak tidur untuk tidur tidak larut malam sehingga mereka mudah untuk bangun sebelum subuh di keesokan harinya.

Demikian beberapa adab-adab sebelum tidur yang dapat mulai kita kenalkan kepada anak-anak sejak kecil. Untuk adab-adab sebelum tidur sesuai sunnah lainnya dapat kita kenalkan sesuai perkembangan usia anak.

Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita dan anak-anak kita dalam mengamalkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Barakallahu fikum, aamin allahumma aamiin.

Referensi:

  • Muslim.or.id
  • Almanhaj.or.id

 

author

Author: 

Leave a Reply