MEMAAFKAN ITU INDAH

MEMAAFKAN ITU INDAH

BISMILLAH….

Kejadian ini sudah berlangsung 22 tahun yang lalu, ketika pernah ada seorang pria yang sangat aku cintai telah menyakiti hatiku. Kami berpacaran sudah cukup lama sebelum dia menjadi seseorang seperti sekarang. Setelah dia lulus SMA ingin kuliah tidak memiliki biaya, dan akhirnya aku titipkan pamanku untuk dimasukkan keTNI AD. Pekerjaan sekarang butuh dana sebagai bekal dia masuk ke TNI AD,akhirnya aku dan pamanlah yang bersedia membatunya. Karena paman berpikir semua adalah untukku juga. Dia diterima sebagai Tentara dengan pangkat Sersan Dua, hubungan kami berlanjut meski luar kota. Aku sangat percaya pada dirinya,ketika selesai wisuda keperawatan tanpa memberitahunya. Aku ingin membuat kejutan buat dia pergi keasrama diMalang dengan wajah yang gembira, sambil memegang ijazahku bukti kelulusanku. Karena kami berdua sudah menanti hari ini, untuk melangsungkan ikatan kami lebih serius. Meski sangat panas dan naik bus berdiri Tulungangung-Malang tidaklah membuatku capai, aku bergegas turun dari Bus dengan wajah gembira menuju barak. Ketika kakiku baru saja melangkah pundakku dipegang seseorang, “Dek maaf kamu apa pacarnya siBurhan?  Aku menjawab “ iya mas emang siapa mas ini? Aku sambil memandang dengan dahi berkerut sambil meningat wajah siapakah ini, belum selesai kuberpikir. Tiba-tiba dia menarikku dengan paksa bersembunyi dipawah pohon besar, “ Maaf, aku mau memberitahu kamu bahwa Burhan punya pacar baru, sebentar lagi dia lewat sini”

Belum sempat  berpikir lagi aku hanya terdiam bisu tidak bisa membuka mulutku rasanya dunia gelap waktu itu, dan benarlah…dari sebelah timur kuliat sepasang muda mudi berjalan mesra bergandengan tangan sambil bercanda. Aku terkejut bak kena petir disiang hari “ Mas burhan apa yang kamu lakukan? Aku tak sadar respon berlari mendekatinya, dan melihat wajah mas Burhan pucat pasi. Sebelum kumau memegang tangannya dia dengan lantang bicara “ Aku sudah tak membutuhkanmu lagi pergi sana dari hidupku, aku sudah punya calon istri!! Waktu itu malah tidak ada airmataku yang menetes lagi, tanpa bicara lagi aku pergi meninggalkan baraknya. Aku hanya berbicara pada hatiku merintih pada Alloh, berjalan dengan tidak punya arah yang pasti. Kuberpikir waktu itu mau marah dan ingin mencakar wajah perempuan itu, tapi untuk apa? Malah menunjukkan aku adalah wanita yang berkualitas rendah,aku masih bisa hidup tanpa dia. Meski banyak yang sudah aku berikan waktu,tenaga,materi dan kepercayaan. Tapi dia punya pilihan sendiri, dan aku tak boleh menghakiminya atau mendominasinya. Aku berusaha menerima diriku sekarang, karena aku patut bahagia. Dan melanjutkan kehidupanku dengan lebih baik.

“Bila kita memaafkan seseorang yang telah menyakiti kita dengan seenaknya maka kita membuat suatu mukjijat,memaafkan itu menjadi lebih indah dan unik.Karena kesembuhan yang dihasilkannya adalah menghilangkan semua rasa sakit sekalipun parahnya, dan bila kita membencinya akan sama saja memberi perasaan tak enak pada diriku sendiri. Aku pilih bahagia akhirnya akupun menerima diriku sekarang dan memaafkannya, karena ini jalanku dan pasti Alloh akan mmemberikan jodoh yang terbaik bagiku. Dan berkat aku berpikir positif sekarang aku mendapatkan suami yang sangat sayang padaku, dan menjadi teman hidupku sampai sekarang. Dan sempat kudengar dari temannya hidup siBurhan tidak bahagia karena istrinya selingkuh dengan temannya sendiri. Seperti hukum sebat akibat, “ Apa yang kau tanam pasti kau panen sendiri” Dan itu sesuai dengan yang dia lakukan padaku saat itu. Dalam kondisi memaafkan sama saja kita bisa menerima keterkondisian kita sekarang, dan sama saja kita membuat diri kita sendiri bahagia. Karena terlepas dari pengaruh negatif dari luar diri kita. Hidup adalah suatu proses pendewasaan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi amiin.

Writter

Teratai

 

Rate this article!
MEMAAFKAN ITU INDAH,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: