MASALAH ITU TANDA ALLAH CINTA

Kehidupan bagaikan roda

Seribu zaman terus berputar

Namun satu  takkan pudar

Cahaya Allah tetap membahana

(Nasyid Izzatul Islam)

Nasyid lama yang tiba-tiba terngiang. Roda kehidupan kita memang akan selalu berputar selama kita masih ada di dunia ini, tak ada yang tahu keadaan kita hari ini dan esok hari, karena hari ini adalah hadiah dan esok adalah misteri namun yang pasti bahwa rencana indah selalu disiapkan untuk kita.

Live is never flat, begitulah hidup kita sampai kapanpun. Masalah demi masalah yang kita alami untuk mengukur kadar iman kita, serta menaikkan derajat kita. Kalo main game kan tantangan tiap level beda, semakin tinggi level tantangan semakin berat. Tapi kalo kita berhasil lulus di level itu kita bisa naik ke level selanjutnya. Masalahmu itu justru tanda cinta dari Allah, artinya Allah pengen kamu naik ke level yang lebih tinggi. Kalo kamu terus mengalami masalah yang sama berarti mungkin kita belum lulus levelnya atau Allah ingin kita menyelesaikannya dengan cara lain.

Mungkin di antara kita sering mengalami kejadian menyedihkan dan tidak diharapkan. Saat itu kita merasa berat dan merasa paling terpuruk, karena terkadang kita menutup mata, menempatkan situasi itu dalam kesempitan hati. Ibarat sebuah titik, ketika dia ada di atas selembar kertas putih kecil mungkin akan terlihat besar. Namun ketika titik itu ada ditengah lapangan yang luas, tak akan merusak pemandangan indah tanah lapang. So, lapangkan hatimu dalam menjalani hidupmu, buat hatimu seluas-luasnya untuk menyimpan masalah yang sebesar-besarnya. Jangan lupa akan Dia yang telah menyiapkan hikmah atas segala yang kau alami. Tak ada yang tahu dengan cara apa kita menyelesaikan persoalan hidup kita. Tak ada masalah yang Dia ciptakan tanpa solusinya.

Fa inna ma’al ‘usri yusra, Inna ma’al ‘usri yusra

Bahkan Allah ciptakan kesulitan bersama dua kemudahan. Pilihlah jalan kemudahan mana yang kau mau. Hidupmu sulit kan karena kamu yang memandang sulit. Masalah jangan pernah dihindari, tapi Hadapi untuk menyelsaikannya, Hayati untuk mendapatkan hikmahnya, dan Nikmati untuk mendapatkan ridhoNya. Wallahu ‘alam.

Rate this article!
Tags:

Leave a Reply