Manusia Diciptakan Berpasang- Pasangan

Manusia Diciptakan Berpasang- Pasangan

Pada kesempatan kali ini saya ingin bertanya kepada teman- teman, kenapa manusia diciptakan berpasang- pasangan? Manusia diciptakan berpasanng- pasangan, tapi kalau kamu masih jomblo sampai saat ini mungkin jodohmu sudah meninggal waktu bayi hehe,,,,,becanda! Jika kita tidak berjumpa dan dipersatukan dengan jodoh kita didunia, maka kita akan berjumpa dan bersama dengan tulang rusuk (jodoh) kita nanti disyurga. Karena manusia telah diciptakan berpasang –pasangan.

Terkadang kita galau melihat teman- teman kita sudah menikah maupun yang akan menikah. Dan banyak pertanyaan bersiliweran menanyakan “ kapan nikah?” terbesit dalam hati ingin rasanya menjawb “ pengen tahu ajah, kepoooo” hehe,,,Kidding.

Dari sana ada terlintas dalam benak hati saya “ kapan jodohku datang?”, “ apakah jodoh saya masih hidup atau sudah tiada, Atau mungkin jodoh saya masih jauh disana?” pikirku dalam hati.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan. Karena dalam dunia ini kita tidak bisa hidup sendirian tanpa orang lain. Perlu anda ketahui Allah menciptakan manusia di muka bumi ini dengan beraneka ragam suku bangsa, bahasa, dan bentuk fisik. Tapi keragaman itu dimaksudkan bukan untuk menegaskan kelebihan yang satu dengan lainnya. Justru dengan adanya hal yang demikian itulah agar antar kelompok atau jenis dapat menjalin kesatuan dalam misi yang sama sebagai hamba dan khalifah-Nya. Itulah sebabnya ayat Al-Qur’an yang menegaskan hal ini di tutup dengan tujuan keragaman jenis manusia itu dengan sebuah kalimat yang indah –“lita’arafu” – agar saling kenal dan akrab.

Allah berfirman dalam Qur’an surat Al Hujuraat (49):13 yang Artinya:

 “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Menurut Syaikh As Sa’di dalam kitab tafsirnya bahwa setiap hewan dan juga manusia diciptakan berpasang-pasangan supaya manusia mau memikirkan nikmat yang telah Allah berikan padanya, yaitu memikirkan akan ketetapan ini. Hikmahnya adalah dengan berpasangan tersebut keberadaan makhluk tetap ada, karena akan tumbuh dan berkembang. Dari situlah diraih banyak manfaat.

Dalam Tafsir Al Jalalain juga disebutkan pula bahwa segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan seperti adanya laki-laki dan perempuan. Ada pula langit dan ada bumi. Ada matahari dan ada rembulan. Ada kemudahan dan ada kesulitan. Ada musim panas dan ada musim dingin. Ada manis dan ada masam. Ada cahaya dan ada kegelapan. Hikmahnya, supaya diketahui bahwa yang menciptakan yang berpasang-pasangan itu hanya Allah yang satu, sehingga Dia-lah yang pantas diibadahi.

Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang menerangkan bahwa Allah menciptakan semua makhluknya berpasang- pasangan. Ayat  Al-Qur’an diatas merupakan salah satu ayat yang menerangkan bahwa Allah menciptakan makhluknya berpasang- pasang.

sesuai dengan yang telah di janjikan oleh Allah bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan, artinya Allah memang telah mempersiapkan seseorang untuk dijodohkan dengan kita. Oleh karena itu, saya mengajak diri saya sendiri khususnya teman –teman semua untuk sabar dan yakin bahwa Allah telah merencanakan dan menyiapkan untuk kita jodoh yang terbaik. Mari kita jemput pasangan kita dengan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dan mengkualitaskan diri kita dengan atas izin Allah, karena bagi Allah tidak ada yang tak mungkin.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply